oleh

Pelukan Orangtua pada Anak Berikan Sejumlah Efek Positif

Kabar6-Pelukan merupakan tanda dari perasaan cinta atau kasih sayang maupun penghargaan. Pelukan bisa dilakukan oleh setiap orang tanpa memandang umur, jenis kelamin, maupun antar pria dan wanita.

Nah, salah satu cara untuk membuat anak menjadi lebih sehat dan bahagia, ternyata adalah dengan memeluknya. Ketika Anda memeluk, maka akan memberikan kekuatan, meningkatkan kesehatan- dan merangsang hormon pertumbuhan, yang sangat bermanfaat bagi seorang anak.

Sebuah pelukan adalah semua yang Anda butuhkan untuk merangsang pertumbuhan anak melalui reaksi biokimia dan fisiologis dalam tubuh untuk meningkatkan kesehatan, menenangkan sistem saraf dan merangsang emosi positif. Melansir Beingtheparent, ini manfaat orangtua memeluk buah hati mereka:

1. Bahagia
Berpelukan erat dengan anak akan membantu melepaskan ‘hormon bahagia’ atau oksitosin. Hormon ini meningkatkan ikatan yang kuat, kepercayaan, kenyamanan, keamanan dan pengabdian. Semakin lama memeluk, efek yang diberikan akan lebih baik.

2. Tidur lebih nyenyak
Jika memeluk anak selama beberapa menit sebelum mereka tertidur, akan menenangkan dan memiliki efek terapi yang membantu tidur anak lebih nyenyak.

3. Kurangi stres
Hal ini berlaku untuk kedua orangtua dan anak-anak. Saat memeluk anak, maka kadar hormon kortisol atau hormon stres menurun sehingga Anda dan anak akan merasa lebih rileks dan aman.

4. Anak jadi lebih percaya diri
Sebuah pelukan dari keluarga akan meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri anak. Cara ini akan membantu anak menjaga kesehatan emosional yang optimal. Sebuah pelukan akan melawan rasa kesepian, rasa tidak aman, membuat anak merasa dihargai dan dicintai.

Hal ini juga mengaktifkan Solar Plexus Chakra, pusat energi yang memegang kunci untuk harga diri dan kepercayaan diri seseorang.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Pelukan dan dekapan dari hati dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan meningkatkan produksi sel darah putih dengan merangsang kelenjar thymus. Hal ini akan membantu untuk menjaga anak Anda selalu sehat dan bebas dari penyakit!

6. Angkat mood anak
Sebuah pelukan akan merangsang dopamin, yang dikenal sebagai hormon kesenangan, ditambah dengan serotonin yang mengirimkan gelombang kenikmatan secara instan dalam tubuh dan meningkatkan mood. Seorang anak yang rewel dapat dengan mudah ditangani dengan pelukan erat selama beberapa menit.

7. Ekspresikan cinta Anda
Pelukan yang diberikan merupakan cara untuk mengekspresikan cinta Anda tanpa kata-kata, dan membuat anak merasa dekat dengan Anda. Penelitian mengungkapkan, keluarga yang mengekspresikan kasih sayang satu sama lain dengan beberapa cara, 47 persen lebih mungkin untuk lebih akrab.

8. Bantu sembuhkan penyakit
Hal ini dikaitkan dengan pelepasan hormon oksitosin. Untuk alasan ini, orangtua yang memiliki bayi prematur didorong untuk memiliki sentuhan kulit dengan kulit untuk membantu mereka tumbuh dan berkembang.

Alasan ini dianjurkan oleh para ahli yang juga menemukan bahwa seorang ibu yang baru melahirkan akan sembuh lebih cepat setelah melahirkan jika dia dekat bayinya. ** Baca juga: Sering Diremehkan, 2 Camilan Ini Penting untuk Jaga Metabolisme dan Kontrol Porsi Makan

Jadi, jangan ragu memeluk anak Anda. Dan untuk mendapatkan manfaat tadi, Anda disarankan untuk memberi 12 pelukan dalam sehari.(ilj/bbs)

Berita Terbaru