oleh

Pelampung Keselamatan Di Kapal Pelabuhan Merak Masih Kurang

Kabar6-Pelampung keselamatan di Pelabuhan Merak, di atas kapal RoRo, masih kurang hadapi mudik Idul Fitri 2019.

“(Setiap kapal wajib) Menambah pelampung pengamanan,” kata Budi Karyasumadi, Menteri Perhubungan (Menhub), saat ditemui di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Sabtu (11/05/2019).

Tak hanya itu, pihaknya memprediksi mudik di Pelabuhan Merak akan terjadi kemacetan panjang.

“Persiapannya lebih baik dibandingkan sebelumnya. Namun kami akan melakukan kajian lebih dalam, agar tidak terjadi kemacetan lagi,” ujarnya.

Salah satu caranya, menyiapkan kapal pengangkut dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, menuju Pelabuhan Panjang, di Lampung.

Nantinya, Pelabuhan Merak hanya dilewati kendaraan pribadi dan bus pengangkut penumpang saja.

“Menyiapkan kapal dari Priok menuju Panjang. Kita akan dapat bantuan dari TNI AL. Jadi truck tertentu tidak lewat sini,” terangnya.

Penggunaan kapal kecil selama arus mudik akan ditiadakan, sehingga pengoperasian kapal besar bisa lebih mengangkut banyak penumpang dan kendaraan kecil saja.

Termasuk mengalihkan pemudik menggunakan pelabuhan disekitar Kota Cilegon, yang kebanyakan dimiliki oleh Industri untuk bongkar muat kimia dan alat berat.**Baca juga: BKD Banten: ASN Terlambat Masuk Kerja, Uang Tukin Akan Dipotong Lima Persen.

“Kemudian menggunakan Pelabuhan disini. Kita akan berikan insentif yang berangkat bukan di malam puncak,” tuturnya.(Dhi)

Berita Terbaru