oleh

Pelaku Wirausaha Perikanan Dapat ‘Angin Segar’

Kabar6-Bagi Anda warga Kota Tangerang Selatan yang telah atau berminat mengembangkan wirausaha dibidang perikanan. Pemerintah daerah setempat telah menjanjikan harapan sektor perikanan menjadi bisnis menjanjikan.

“Komoditi ikan hias di Tangerang Selatan sudah ada pasarnya ikan higienis,” jelas Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Zainal Aminin, kepada Kabar6.com di Green Ville, Cianjur, Jawa Barat, awal pekan ini.

Zainal menjelaskan, pasar ikan higienis yang ada saat ini terletak tepat didekat pasar Modern BSD. Ditempat tersebut, berbagai ikan air tawar dapat mudah dijumpai.

Pasar ikan higienis untuk sementara waktu menurutnya masih disatukan dengan area kantor Distanpangan. Hal ini, kata Zainal, karena masih terbentur pada keterbatasan anggaran yang ada.

“Balai benih ikan tawar akan segera dibangun dan nantinya akan disatukan dengan pasar ikan higienis,” kata mantan Kepala Dinsosnakertrans dan Disdukcapil ini.

Berdasarkan pengamatan Kabar6.com dilapangan, area tambak-tambak ikan di Tangsel semakin tergerus pertumbuhan perumahan dan pusat perbelajaan. Kondisi ini membuat sektor perikanan ‘mati suri’ dan kalah dengan real estate.

Menanggapi hal tersebut, lanjut Zainal, para pemuda yang mengikuti pelatihan budidaya ikan air tawar tak perlu khawatir. Pemerintah daerah berjanji akan terus mengoptimalkan bidang perikanan sebagai sektor menjanjikan kedepannya.

Selain dengan memberikan pelatihan kepada kelompok-kelompok yang telah menjadi binaan. Juga diberikan bantuan modal usaha berwirausaha budidaya ikan air tawar dan hias.

“Tentunya pembangunan juga harus sesuai dengan MDG’S (Millennium Development Goals. Ini pelatihan dan pembinaan ini bisa jadi pengentasan kemiskinan dan peran pemuda agar bagaimana pemuda itu agen perubahan ya dengan pemberdayaan pemuda,” papar Zainal.

“2014 akan dipecah, Badan Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian akan dipisah. Sekarang kan terlalu kegemukan,” tambahnya. (yud)

Berita Terbaru