oleh

Pelajar Indonesia Borong Medali dari Washington

Kabar6-Siswa SMA  Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa dikanca internasional . Empat siswa Indonesia berhasol meraih medali perak dalam olympiade kimia internasional atau Internasional Chemistry Olympiade ke-44 di Washington.

Kedatangan rombongan tim ilimpiade kimia Indonesia yang berjumlah 4 orang disambut meriah Kementrian Pendodikan  Nasional, orangtua serta teman2nya sesama siswa di terminal kedatangan 2 D Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (2/8/2012) malam.

Dalam olimpiade kimia tahun ini , tim olimpiade kimia Indonesia tidak tahun sebelumnya yang mendapatkan dua medali emas. Namun tahun ini hanya mendapatkan 4 perak. Tahun sebelumnya Indonesia bisa menorehkan tinta emas di kancah internasional karena menempati perinhkat ke-5 dari 72 negara peserta.

Medali perak tahun ini diraih oleh Andhika, siswa SMA  Khsrisma Bangsa Tangsel,  Samuel  Leonardo, dari SMAN MH Thamrin Jakarta,  Ivan Kurniawan, siswa SMAN 1 Purwokerto, dan Dewi  Suryana dari   SMAK Panabur Gading Serpong Tangsel.

Kemendiknas akan memberikan beasiawa  hingga perguruan tinggi, baik dalam negeri maupun luar negeri kepada  seluruh siswa berpristasi./ Bagi peraih medali perak ingga jenjang strata dua , dengan catatan para siswa selama di universitas mampu mempertahankan nilai yang bagus.

Menurut keterangan  Suherlan , direktur  Pembinaan SMA Kemendiknas  seluruh siswa yang memperoleh medali akan mendapatkan beasiswa dari  Kemendiknas, dengan catatan dapat mempertahankan nilao selama perkuliahan denganm minimal indekx prestasi mumulatif 3,5.

Sementara itu  Ivan Kurniawan, peraih medali merasa senang  berhasil memperoleh perak setelah sebelumnya memperoleh medali perunggu dan kesulitan pada pratikum. Ivan mengaku peserta terberat adalah dari China.

Tim ollimpiade kimia ini merupakan prestasi yang paling penomenal setelah sebelumnya tim fisika berhasil embawa pulang 2 medali emas dan 2 perak dari  Ankara Turki.(bad/rani)

 

Berita Terbaru