oleh

Pelajar di Filipina Wajib Tanam 10 Pohon Sebagai Syarat Lulus Sekolah

Kabar6-Ada cara unik yang dilakukan pemerintah Filipina untuk menggiatkan program penghijauan lingkungan. Mereka mewajibkan mahasiswa menanam 10 pohon per orang sebagai syarat lulus kuliah.

Peraturan ini berlaku untuk semua pelajar, mulai dari mahasiswa tingkat perguruan tinggi, SMA, SMP, dan SD. Melansir Indiatimes, pohon-pohon ini akan ditanam di hutan, kawasan konservasi alam, zona militer, bekas area pertambangan, dan sejumlah kawasan urban. Karena itulah, pohon yang ditanam harus disesuaikan dengan lokasi, iklim, dan topografi area penanamannya.

Jika sudah disahkan oleh presiden, peraturan ini diharap mampu membentuk tradisi baru yang baik bagi lingkungan, sekaligus melawan efek negatif perubahan iklim. Diperkirakan, sebanyak 525 juta pohon akan tumbuh dalam satu generasi.

“Dengan lebih dari 12 juta murid SD yang lulus, nyaris 5 juta pelajar lulus SMA, serta hampir 500 ribu mahasiswa lulus kuliah, peraturan ini akan membuahkan setidaknya 175 juta pohon baru setiap tahunnya,” jelas Gary Alejano, perwakilan partai Magdalo. “Sepanjang satu generasi, tidak kurang dari 525 juta pohon akan ditanam berkat program ini.”

Diketahui, Filipina merupakan salah satu negara dengan tingkat penggundulan hutan terparah di dunia. Selama periode abad 20, persentase kawasan hutan turun drastis dari 70 persen menjadi 20 persen. ** Baca juga: Mendatang, Berbagai Produk Berbahan Plastik Sekali Pakai Dilarang Beredar di Seluruh Kanada

Penebangan hutan ilegal masih menjadi persoalan hingga saat ini, yang berdampak bagi lingkungan, mulai dari banjir hingga tanah longsor.(ilj/bbs)

Berita Terbaru