oleh

Pelajar di Banten Juga Inginkan Kartu Pintar

Kabar6-Diluncurkannya Kartu Pintar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, kiranya tidak hanya direspon antusias oleh warga setempat.

Bahkan, kartu yang difungsikan untuk mengkafer pendidikan anak berprestasi dari keluarga kurang mampu itu, juga diapresiasi oleh warga diluar Kabupaten Tangerang.

Umumnya, membuat iri dengan pelajar di Kabupaten Tangerang yang mendapatkan perhatian serius dari pemerintah setempat.

“Kita juga ingin wilayah kita mengkafer pendidikan anak-anak dengan Kartu Pintar,” ujar Ajiz, warga asal Kota Serang, Banten kepada kabar6.com, Rabu (29/10/2014).

Menurutnya, program Kartu Pintar yang di launching Pemkab Tangerang pada Rabu (28/10/2014) kemarin, merupakan salah satu terobosan yang sangat membantu kelancaran pelajar menuntut ilmu.

Dimana KArtu Pintar sekaligus menjadi bentuk nyata kepedulian pemerintah dalam meningkatkan kwalitas dan kwantitas pelajar diwilayahnya.

Hal senada juga dilontarkan Anis, pelajar salah satu SMA di Pandeglang, Banten. ABG (Anak Baru Gede) ini bahkan sangat berharap bila pemerintah diwilayahnya segera mengikuti jejak Pemkab Tangerang.

“Kalau disini juga ada Kartu Pintar, tentu kami (pelajar) akan sangat terbantu. Apalagi, orangtua saya ekonominya sulit,” ujar Anis penuh harap.

Sementara, Anggota Dewan Pendidikan Propinsi Banten, Isbandi mengaku secara prinsip setuju dengan pemberian Kartu Pintar bagi pelajar di Kabupaten Tangerang.

Namun demikian, Isbandi menilkai bahwa seyogyanya Kartu Pintar diberlakukan pula pada seluruh pelajar dari tingkat dasar hingga SLTA, tanpa membedakan keadaan orang tua siswa.

“Maksud saya, tidak membedakan status sosial merupakan bagian untuk menciptakan keutuhan pelayanan pendidikan yang berprinsip educaciĆ³n for all,” ujarnya.

Pada sisi lain, lanjut Isbandi, pemberian Kartu Pintar patutlah diimbangi dengan kemudahan pelayanan dan pemanfaatannya saat digunakan oleh siswa, khususnya dalam urusan pembayaran uang sekolah.

Sehingga, katanya, tidak ada lagi prosedur yang kaku dalam pemberlakuannya di tataran lingkungan sekolah. **Baca juga: Pemkab Tangerang Bagikan Ribuan Kartu Pintar.

“Semoga program ini sebagai bentuk bantuan biaya pendidikan yang dapat mengurangi beban orang tua dalam menyekolahkan putra-putrinya di setiap jenjang dan satuan pendidikan di Kabupaten Tangerang,” ujarnya berharap.(mer)

Berita Terbaru