oleh

Pelabuhan Merak Direncanakan Beri Layanan Premium

Kabar6-Guna mengatasi penumpukan kendaraan saat menyeberang, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana akan membuat layanan premium penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni dan membangun elevated park.

“Supaya tidak ada penumpukan, nanti kita akan mencoba untuk buat pelayanan premium,” kata Suroyo Alimoeso, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub di Pelabuhan Merak, Cilegon, Jumat (18/10/2013).

Layanan premium tersebut, jelas Suroyo, akan diberikan kepada penumpang dengan waktu tunggu di dermaga selama 30 menit dan waktu tempuh pelayaran hanya 1 jam. “Tapi tarifnya berbeda, yang bayarnya mahal di dermaga 30 menit, pelayaran 1 jam. Kita harapkan setiap dermaga ada pola layanan premium,” ujarnya.

Menurutnya, Kemenhub juga akan minta PT ASDP sebagai otoritas Pelabuhan Merak untuk meninjau kembali penyediaan elevated park, sehingga dapat lebih banyak menampung kendaraan di dalam kapal laut.

Diakui Suroyo, proyek tersebut memang membutuhkan biaya besar, untuk itu perlu kajian demi merealisasikan kelancaran kendaraan dari dan menuju pelabuhan.
“Walau cukup mahal, tetapi perlu dikaji lebih mendalam untuk investasi ini. Sebenarnya tidak terlalu lama, dua tahun anggaran selesai sebenarnya tapi masih kita kaji,” tuturnya.(bbs/jus)

 

Berita Terbaru