oleh

Pelabuhan Merak Diprediksi Kembali Padat Malam Nanti

Kabar6-Pelabuhan Merak diprediksi akan kembali dipadati pemudik malam nanti, atau pada H-4 Idul Fitri 2019.

“Kalau saya kelihatannya H-3 itu akan lebih banyak (pemudik di Pelabuhan Merak),” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, saat meninjau Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Sabtu (01/06/2019).

Menurutnya, hingga kini belum terjadi puncak arus mudik yang menyebabkan kemacetan parah. Meski pada Rabu hingga Kamis, 29-30 Mei 2019 terjadi kemacetan panjang 10 kilometer diluar Pelabuhan Merak.

Lantaran, pemudik telah ramai menyeberang dari Merak menuju Bakauheni sejak tanggal 29-32 Mei dan 01 Juni 2019 malam tadi.

Berdasarkan pantauan di lapangan, lalu lintas di ruas tol Tangerang Merak, terutama di Gerbang Tol (GT) Merak terpantau lancar. Tidak ada antrian kendaraan menuju Pelabuhan Merak.

Sedangkan di dalam pelabuhan, tidak tampak antrian panjang di tujuh dermaga. Hanya di Dermaga VI Eksekutif saja yang terlihat antrian kendaraan sekitar 200 meter untuk masuk ke dalam kapal.

“Kita berbahagia karema liburnya cukup lama, sehingga mereka (pemudik) tersebar mudiknya. Kita harapkan tidak ada suatu lonjakan yang melebihi kapasitas. Dengan begitu, pemudik ini bisa mendapatkan layanan yang baik,” terangnya.

**Baca juga: Pemudik Padati Tujuh Dermaga Pelabuhan Merak.

Begitupun dengan tol Cipali, dia memprediksi malam nanti akan kembali terjadi lonjakan pemudik. Sedangkan saat siang hari ini, menurut pantauan Budi Karya, dalam kondisi lancar.

“Cipali pertama agak tinggi, sekarang datar, landai. Karena Kita memiliki libur agak panjang, mungkin H-3 yang akan tertingi sekali. (One way) Sudah diterapkan sejak pukul 06.30 tadi pagi,” jelasnya. (Dhi)

Berita Terbaru