oleh

Pekan Besok 15 Ribu Ton Kedelai Masuk Lewat Pelabuhan Merak 

Kabar6-Sudah beberapa pekan terakhir harga kedelai melambung tinggi mencapai kisaran Rp14.940 per kilogram. Kenaikan harga kedelai berdampak terhadap usaha perajin tahu dan tempe.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan mengaku dalam waktu dekat masuk kedelai impor dari Amerika.

“Ini baru masuk nih, saya barusan dapat WA, minggu besok sudah datang 15 ribu ton di Pelabuhan Merak. Cuman sudah lama sekali nih, sudah 3 bulan,” ungkapnya dikutip Sabtu (14/1/2023).

**Baca Juga: Sepanjang 2022 Ini Sederet Kasus Pidsus Ditangani Kejari Tangsel 

“Berarti itu sudah bisa dijual Rp10.500 per kilogram. Kan jauh dari Rp15 ribu per kilogram. Itu bisa nolong pengrajin tahu tempe,” tambah Zulkifli.

Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan menegaskan, impor kedelai dilakukan, karena memang komoditinya tidak ada di dalam negeri.

Sementara, Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi menyatakan, pekan ini akan 50 ribu ton kedelai impor asal Amerika Serikat yang tiba di Indonesia dilakukan oleh perusahaan swasta.

“Sambil menunggu Bulog siap mengimpor, kita minta sama swasta untuk masukin barang cepet deh,” kata Arief.

Menurut rencana, pemerintah mengeluarkan biaya sebesar Rp 12 ribu per kilogram untuk kedelai impor.

Nantinya, pemerintah akan menyalurkan ke pengrajin tahu dan tempe dengan harga Rp 11 ribu per kilogram. Selisih harga Rp 1.000 per kilogram akan disubsidi oleh pemerintah.(yud)

 

 

Print Friendly, PDF & Email