oleh

Pecahkan Rekor Tertinggi di Tiongkok, Pohon Setinggi 83,2 Meter Ditemukan di Tibet

Kabar6-Sebuah pohon bernama Abies ernestii var. salouenensis setinggi 83,2 meter ditemukan di wilayah Zayu di Daerah Otonom Tibet, Tiongkok barat daya. Menurut Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok (Chinese Academy of Sciences/CAS), pohon tersebut memecahkan rekor baru sebagai pohon tertinggi di Tiongkok.

Pohon Abies ernestii var. salouenensis, melansir Shine, memiliki diameter mencapai 207 cm, ditemukan pada sebidang area yang luas di sebuah hutan perawan oleh tim ekspedisi ilmiah dari Institut Botani, di bawah naungan CAS. “Ini menandai penemuan baru dalam survei penelitian ilmiah kedua Tiongkok di Dataran Tinggi Qinghai-Tibet,” ungkap CAS.

Guo Ke, seorang peneliti CAS sekaligus pemimpin tim, menerangkan bahwa hutan Abies ernestii var. salouenensis yang masih perawan tersebar di seluruh area yang ditandai dengan perbukitan dan lembah, terletak di ketinggian sekira 2.300 meter dengan berbagai spesies pakis dan anggrek, serta pohon-pohon lain yang beragam dan langka.

“Hutan perawan yang begitu luas dan terpelihara dengan baik ini dikaitkan dengan kondisi geologis dan cuaca setempat, serta aktivitas manusia yang langka. Populasi pohon dan ekosistem di sini sangat berharga untuk penelitian ilmiah dan perlindungan ekologis,” kata Ke. ** Baca juga: Fans Berat Anime, Seorang Ayah di Filipina Beri Nama Anaknya ‘Naruto Uzumaki Namikaze’

Tinggi pohon tersebut melampaui Pinus bhutanica setinggi 76,8 meter yang belum lama ini ditemukan di wilayah Medog, Tibet, dan cryptomerioides Taiwania dengan tinggi sekitar 81 hingga 82 meter di Taiwan.(ilj/bbs)