oleh

Pecahkan Rekor Dunia, Tinggi Badan Wanita Asal Turki Ini Dua Meter Lebih

Kabar6-Rumeysa Gelgi (24) asal Provinsi Karabük, Turki, dinobatkan sebagai wanita tertinggi di dunia yang masih hidup versi Guinness World Records. Gelgi memiliki tinggi sekira sekitar 215 cm.

Kondisi genetik yang sangat langka ini bernama sindrom Weaver, yang mempercepat pertumbuhannya. Akibat kondisinya tersebut, melansir Yahoo, Gelgi terpaksa berjalan menggunakan kursi roda, meskipun ia juga masih dapat berjalan dengan bantuan kerangka jalan. Gelgi juga pernah dinobatkan sebagai ‘remaja tertinggi yang masih hidup’ pada 2014 lalu.

Sindrom Weaver diketahui juga mengakibatkan bagian tubuh lain lebih besar dari ukuran normal, misalnya pada tangan. Sindrom ini ditandai dengan peningkatan tonus otot, mata melebar, dahi lebar, kaki cacat dan telinga yang luar biasa besar. Hanya 50 kasus yang pernah tercatat dalam literatur medis.

“Setiap kekurangan dapat diubah menjadi keuntungan bagi diri sendiri. Jadi terimalah diri sendiri apa adanya, sadari potensi diri dan lakukan yang terbaik,” kata Gelgi. ** Baca juga: Kasus Langka, Pria India Bunuh Istrinya Gunakan Ular Kobra

Wanita itu juga mengatakan ada beberapa keuntungan menjadi wanita tinggi. Salah satunya akses mudah ke tempat-tempat tinggi. Pemimpin redaksi Guinness World Records, Craig Glenday mengatakan semangat Gelgi yang tak tergoyahkan merupakan sebuah inspirasi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru