oleh

Pascakisruh, Desa Cijeruk Siap Gelar Pilkades

Kantor Desa Cijeruk. (shy)

Kabar6-Panitia pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada Desa Cijeruk, Kecamatan Mekarbaru, Kabupaten Tangerang melakukan sejumlah persiapan pelaksanaan Pilkades.

“Kali ini, kita berbeda dengan desa lainnya. Karena, Pilkades di sini merupakan lanjutan atas Pilkades yang sebelumnya tertunda,” ujar Ketua Panitia, Mas’ud, Jumat (7/7/2017).

Pihaknya pun telah melakukan berbagai kesiapan seperti, sosialisasi dan logistik.**Baca Juga: Jelang Pilkades, Pemdes Gelar Tahapan

“Untuk jumlah suara di sini sementara menggunakan data yang lama yakni sebanyak 4.300 pemilih. Tapi, nanti akan dilakukan sensus atau pendataan ulang. Karena, itu masih Daftar Pemilih Sementara (DPS). Sementara, kesiapan dari kotak suara pun sudah disediakan dan menggunakan yang tahun lalu,” terangnya.

Sementara itu, Asda I Pemerintah Kabupaten Tangerang, Hary Herianto mengatakan, Pilkades yang dilakukan di Desa Cijeruk diharapkan, berjalan dengan lancar, aman dan tertib.

“Pelaksanaan di desa itu berbeda sendiri karena, pelaksanaannya tidak mengikuti Peraturan Bupati (perbup) melainkan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK). Setelah, sebelumnya sempat ditunda akibat, suatu masalah,” ungkapnya.

Diketahui, pelaksanaan Pilkades 2015 pada Desa Cijeruk ditunda bermula dari keterlambatan penyerahan kelengkapan berkas berupa keterangan pemeriksaan medis salah seorang bakal calon. Panitia desa berkeras dokumen ini paling lambat diserahkan pada 23 Maret, tetapi baru diserahkan pada 26 Maret 2015.

Konflik muncul karena sebagian pihak menilai hal tersebut bukan masalah. Periode untuk memenuhi kelengkapan persyaratan bagi setiap bakal calon kepala desa sebetulnya ditetapkan mulai 20-28 Maret 2015. Tapi panitia desa ngotot penyerahan hasil pemeriksanaan kesehatan tak lebih dari 26 Maret.

Masalah lain menyangkut hasil tes psikologi bakal calon, di dalamnya ada catatan bahwa orang bersangkutan tidak bisa berpikir jernih dan tenang dalam keadaan emosi tidak stabil. Meski kesimpulan akhir dinyatakan secara fisik dan mentah sehat untuk ikut pencalonan tetapi yang disoroti adalah poin soal ketidakstabilan emosi. (Shy)

Berita Terbaru