oleh

Pasarkan Produk ke Luar Negeri, Begini Cerita Amira Membangun Bisnis Souvenir

Kabar6-Wanita ini lebih memilih mandiri dengan merintis usaha sendiri daripada harus bekerja di perusahaan. Walau itu perusahaan besar sekalipun. Menurut wanita berhijab dengan paras cantik ini, sebagai wanita harus mampu berdikari diatas kaki sendiri.

Sudah sejak kecil, Rafidha Amira Meirinda (23) cukup terampil dalam hal kreatifitas. Ditambah dukungan penuh dari kakak dan Ibunda tercinta. Hal itulah yang mendasari Amira tetap pada prinsipnya menciptakan kreatifitas berdaya ekonomi dan memilliki manfaat untuk orang banyak.

Amira mengenyam pendidikan stratanya di negeri jiran, University Utara Malaysia. Wanita yang tinggal di BSD Tangerang Selatan (Tangsel) ini memilih jurusan International Business Management sebagai bekal masa depan yang cerah.

Namun, setelah menyelesaikan pendidikan, ternyata Amira lebih memilih usaha sendiri ketimbang kerja di perusahaan.

Walau Amira banyak sekali mendapatkan tawaran pekerjaan dari perusahaan besar di Jakarta, Bekasi, dan Tangerang. Namun tak satupun dari tawaran itu yang diterimanya.

Malah, Amira mulai merencanakan usaha yang akan dijalankannya dengan membikin program kerja, skema produksi hingga segmen pemasaran.

“Kita, wanita Indonesia harus mampu berdiri di kaki sendiri. Jangan takut untuk berusaha. Allah pasti menolong hambanya yang bersungguh-sungguh,” jelas Amira, Minggu (21/4/2019).

Tak semudah membalikkan telapak tangan. Dalam merintis usahanya, Amira membutuhkan perjuangan keras mulai dari mencari tukang jahit kulit di kawasan Jawa Barat yang akan diajak kerjasama hingga mencari bahan baku yang dibutuhkan.

Begitu juga dengan modal usaha, Amira harus berfikir keras untuk mendapatkan modal sesuai anggaran yang dibutuhkan.

“Saya yakin saya mampu membuat usaha mandiri yang bermanfaat bagi banyak orang. Dengan dukungan dari kakak dan mama, Insya Allah semua itu bisa terlaksana,” paparnya.

Pertengahan 2018 lalu, akhirnya Amira berhasil membuka usaha souvenir dengan brand Sam Girio. Souvenir ini, lanjut Amira, terbuat dari Vegan Leather yang merambah pasar wedding dan corporate.

Dengan tim work yang solid, kini Amira sudah merambah pasar luar negeri. “Kita sudah menerima pesanan dari Malaysia mas,” ucapnya.

**Baca juga: Sam Girio, Brand Sovenir Asal Tangsel Yang Tembus Pasar Manca Negara.

Terakhir, Amira mengimbau kepada Kartini-kartini di Indonesia untuk berani dalam mengambil keputusan, terutama dalam hal memulai usaha.

Kata dia, di zaman teknologi saat ini, semua fasilitas dapat dimanfaatkan untuk membangun bisnis. “Kita wanita Indonesia harus mampu berusaha dengan tangan kita sendiri. Saat ini, semua fasilitas sangat mendukung untuk itu,” pungkasnya. (fit)

Berita Terbaru