oleh

Partai Demokrat, PDIP dan PKS Lolos Verifikasi KPU Banten

Kabar6- Empat partai politik, di antaranya Partai Demokrat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diverifikasi faktual Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten, Rabu (31/10).

Dalam verifikasi ini tim dari KPU Banten mendatangi langung gedung yang di gunakan partai untuk sekertariat. Penilaian dalam verifikasi faktual ini seperti kepemilikan dan domisili gedung sekertariat partai, kepengurusan partai seperti ketua sekertaris dan bendahara.

Ketua tim verifikasi KPU Banten, Agus Sutisna menuturkan, verifikasi faktual ini dilakukan setelah sebelumnya partai yang menyerahkan berkas ke kpu pada pertengahan bulan lalu dan dinyatakan lolos dalam pleno awal.

Berdasarkan pendataan di kantor DPD Partai Demokrat,bahwa kantor yang ditempati demokrat saat ini sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Adapaun batas akhir verifikasi faktual ini akan berakhir pada 24 november, dan dilakukan pleno untuk menentukan partai tersebut layak untuk mengikuti pemilu tahun 2014 atau tidak.

Ketua DPD Partai Demokrat, Wahidin Halim menyatakan optimis partainya tersebut bisa lolos verifikasi kedua yang  dilakukan oleh KPU tersebut. Pasalnya Demokrat sudah menyerahkan semua persyaratan yang di butuhkan sesuai permintaan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Kita optimis lolos verifikasi kedua karena kami sudah menyerahkan seluruh persyaratan,” ujar Wahidin.

Adapun keterkaitan dan keterlibatan perempuan dalam parlemen, Walikota Tangerang ini menyebutkan bahwa keterwakilan perempuan di parlemen dari Partai Demokrat di Banten saat ini berada pada angka 31 %. Dengan kata lain Demokrat Banten sudah siap untuk berkompetisi pada pemilu presiden pada tahun 2014 mendatang.(pk/sak)

Berita Terbaru