oleh

‘Paradise Has Many Gates’, Masjid Tembus Pandang di Arab Saudi

Kabar6-Sebuah masjid dengan arsitektur tak biasa menjadi perbincangan banyak orang dan viral di media sosial. Bagaimana tidak, masjid bernama ‘Paradise Has Many Gates’ ini memiliki desain transparan atau tembus pandang.

Masjid transparan ini, melansir MSN, adalah karya Ajlan Gharem yang merupakan seorang seniman sekaligus guru matematika di Sekolah Umum Al Sahabah di Riyadh. Paradise Has Many Gates berukuran 10×30 meter, terbuat dari baja ringan dan dindingnya dibuat seperti jaring-jaring. Di dalamnya terdapat bentangan sajadah untuk para jemaah.

Pada bagian langit-langitnya dihiasi dengan lampu-lampu yang menyala di malam hari. Terdapat juga lampu hijau di menara masjid. Ukurannya yang tidak terlalu luas, membuat masjid ini hanya bisa menampung beberapa puluh orang saja.

Namun hal yang terpenting menurut Gharem, bahwa masjid transparan ini tak hanya tentang agama, tetapi juga menjadi bentuk untuk perlawanan terhadap Islamophobia. ** Baca juga: Selama 11 Tahun, Pria Ini Kumpulkan 1.500 Kotak Pizza dari Berbagai Negara

Meskipun masjid ini baru viral sekarang, Paradise Has Many Gate ternyata sudah ada sejak 2015, dan hadir di beragam pameran seni seperti pameran di Galeri Brunei, London (2016), Asia House, London (2015), Quincy House, Fotofest Biennial, Houston (2014) dan British Museum (2014).

Indah, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru