oleh

Para Orangtua di AS Berharap Kacamata Hitam Jadi Bagian dari Seragam Sekolah

Kabar6-Hal unik didapat dari sebuah penelitian terbaru. Tanpa diduga, hasil penelitian mengungkapkan bahwa banyak orangtua yang setuju jika kacamata hitam dijadikan sebagai bagian resmi dari seragam sekolah.

Mengapa demikian? Rupanya, melansir thesun, para orangtua ingin menjaga kesehatan mata anak-anak mereka. Penelitian di Amerika Serikat ini dilakukan terhadap 1.000 orang ibu dan ayah dengan anak-anak berusia 4-12. Disebutkan, sebanyak 72 persen orangtua khawatir akan kesehatan mata anak mereka, sehingga ingin melindunginya dari sinar matahari.

Namun di sisi lain, anak-anak lebih sering mengenakan kacamata hitam pada hari libur atau saat melakukan kegiatan outdoor dibandingkan di sekolah. Padahal, matahari siang dan sore bisa sama kuatnya, termasuk taman bermain sekolah, di lapangan olahraga sekolah, atau dalam perjalanan pulang dari sekolah.

Meskipun mengenakan topi dan tetap berada di tempat teduh saat di sekolah bisa membantu mengurangi paparan sinar UV, hal itu tetap bukan penangkal yang tepat untuk melindungi mata dari sinar UVA dan UVB penuh, karena sinar UV memantul melalui awan dan kemudian memantul lagi berbagai permukaan sehingga bisa tertangkap mata anak-anak. ** Baca juga: Agar Dapat Kursi, Tamu yang Datang ke Pesta Pernikahan Harus Kerjakan Soal Matematika

Dikhawatirkan, kegiatan anak di luar ruangan saat berada di sekolah akan mampu mempengaruhi kesehatan mata mereka. Karena itulah, banyak orangtua di Amerika Serikat yang meminta agar kacamata hitam dijadikan sebagai salah satu seragam sekolah yang wajib di pakai, terutama saat di luar ruangan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru