oleh

Para Ilmuwan India Temukan Fosil Ichthyosaur Berusia 152 Juta Tahun

Kabar6-Untuk pertama kalinya di wilayah India, para ilmuwan menemukan fosil reptil laut, yaitu seekor ichthyosaurus yang berusia 152 juta tahun. Ichthyosaurus adalah predator prasejarah yang paling besar dan misterius, yang menjelajahi samudra mencari mangsa.

Fosil ditemukan di dalam bebatuan yang berasal dari Era Mesozoikum pada selang waktu dari 252 juta ke 66 juta tahun yang lalu, atau yang dikenal juga sebagai Zaman Reptil.

Spesimen dengan tinggi 5,5 meter tersebut, dikatakan Profesor Guntupalli VR Prasad yang memimpin penelitian, hampir selesai diperiksa oleh tim peneliti. Seperti dilansir Indiatimes, fosil dalam kondisi cukup lengkap, hanya bagian tengkorak dan tulang ekornya saja yang hilang. Temuan ini telah dipublikasikan di jurnal ilmiah Plos One.

“Ini adalah penemuan yang luar biasa. Bukan hanya karena ini adalah fosil ichthyosaurus pertama dari India, namun juga menyoroti evolusi dan keragaman ichthyosaurus di wilayah Indo-Madagaskar dan konektivitas biologis India dengan benua lain di area Jurasik,” kata Prasad.

Diyakini tim yang terdiri dari ilmuwan dari India dan Jerman tersebut, spesimen yang baru ditemukan dapat diidentifikasi dengan Ophthalmosauridae, keluarga ichthyosaurus yang hidup di lautan antara 165 hingga 90 juta tahun yang lalu.

Ichthyosaurus sering salah diidentifikasi sebagai ‘dinosaurus berenang’. Mereka pertama kali muncul pada periode Trias awal, yaitu 251 juta sampai 199 juta tahun yang lalu. Nama Ichthyosaurus berarti kadal ikan, meski makhluk itu telah diklasifikasikan sebagai reptil sejak pertengahan abad ke-19. ** Baca juga: Hotel Terkecil di Dunia Ada di Yordania?

Disebutkan, identifikasi spesimen baru tersebut mungkin akan menyoroti apakah ada hubungan antara India dan Amerika Selatan sekira 150 juta tahun yang lalu. Panjang Ichthyosaurus saat hidup berkisar antara satu sampai 14 meter, namun kebanyakan Ichthyosaurus memiliki panjang rata-rata 2 sampai 3 meter. Hewan yang punah sekira 90 juta tahun yang lalu ini terkenal karena giginya yang tajam dan kuat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru