oleh

Panwaslu Ingatkan Netralitas TNI, Polri, dan PNS

Kabar6-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Lebak mengingatkan netralitas TNI, Polri, dan PNS dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) yang akan dilaksanakan pada Rabu, 9 April 2014.

“Kita berharap lembaga institusi negara itu dapat menjaga netralitas pemilu legislatif,” kata Ahmad Taufik, Ketua Panwaslu Kabupaten Lebak, Rabu (26/2/2014).

Menurut Ahmad Taufik, hingga kini TNI dan Polri, termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) bersikap netralitas dalam menghadapi Pemilu 2014. Bahkan, jelasnya, Polres Lebak telah menggagas deklarasi damai bersama pengurus partai politik dan calon legislatif (Caleg), sehingga pelaksanaan Pileg berjalan tertib, aman, dan kondusif.

“Kami minta TNI, Polri, dan PNS tetap netral pada Pemilu 2014,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya terus menjalin kerja sama dengan TNI dan Polri agar pelaksanaan Pemilu 9 April mendatang berlangsung kondusif, tidak terjadi kecurangan maupun pelanggaran.

Pasalnya, pesta demokrasi harus jujur dan adil (jurdil), tidak ternodai oleh adanya politik uang maupun kecurangan lainnya.

Pihaknya, imbuh Ahmad Taufik, bersama-bersama Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) mengawasi Pemilu secara komprehensif. Pengawasan dilakukan untuk menghasilkan Pemilu yang berkualitas dan bersih dari pelanggaran dan kecurangan.

Ahmad Taufik mengakui, selama ini pihaknya belum menemukan adanya bentuk ketidaknetralan di kalangan TNI, Polri, dan PNS. TNI, Polri, dan PNS masih menjaga netralitas dengan baik menghadapi Pemilu 2014.

Dia juga menyebutkan, pihaknya telah melakukan penertiban alat peraga kampanye partai politik dan Caleg yang melanggar aturan, yakni memasang alat peraga kampanye disembarangan tempat seperti di jalan protokol, sekolah, sarana ibadah, dan pusat keramaian.**Baca juga: Pemkab Lebak Luncurkan Gerakan Tanam Pisang.

“Kami banyak menemukan Caleg dan partai politik yang melanggar pemasangan alat peraga, tidak mengindahkan aturan PKPU Nomor 15 Tahun 2013,” katanya.(ant/yps)

Berita Terbaru