oleh

Pantai Tanjung Pasir, Riwayatmu Kini

Kabar6-Siapa yang tak kenal Pantai Tanjung Pasir? Dulu, kawasan wisata di pesisir utara Tangerang ini banyak dikunjungi wisatawan, terutama wisatawan lokal yang mencari lokasi wisata murah meriah.

 

 

Nah, Kabar6.com coba mampir melongok kondisi terkini salah satu kawasan wisata di Tangerang itu, Sabtu (13/9/2014). Akses menuju kawasan Tanjung Pasir tak begitu luas. Bahkan beberapa bagiannya rusak parah dengan kedalaman lubang beragam.

 

 

Di kiri dan kanan jalan, banyak terdapat rumah penduduk. Sesampainya di lokasi utama, seorang petugas berseragam PNS langsung menyodorkan tiket masuk kawasan wisata. “Retribusi dan parkir Rp 10 ribu mas,” kata petugas itu.

 

Melongok ke hamparan pantai, tampak airnya keruh kecoklatan. Perahu-perahu kayu nelayan, juga tampak sandar di lokasi yang sama. Beberapa anak buah kapal (ABK) tak henti menawarkan jasa tumpangan kepada para pengunjung yang hilir mudik untuk menuju Pulau Untung Jawa.

 

Setelah memarkirkan sepeda motor, Kabar6.com coba menyusuri pantai. Harus hati-hati, karena kondisi tanah liatnya becek dan berlumpur. Tak terbayang kondisinya kalau saja hari itu hujan.

 

Sepanjang jalan dari parkiran motor hingga pantai, diwarnai sampah berserakan di sana-sini, seakan tak ada yang perduli. Jejeran kios-kios sederhana yang sebagian terbuat dari susunan bambu dan bale-bale seadanya, seakan tak dihiraukan para pengunjung yang sedang asyik makan dan bersenda gurau di dalamnya.

 

Sebagian pengunjung lain duduk santai berkelompok di atas batang kayu yang sudah mati, menunggu jagung bakar pesanannya matang. Kabar6 pun tak ketinggalan untuk rehat sejenak, untuk mencicip kelapa muda.

 

Ningsih (30), pengelola kios kelapa sembari menyusui anak bayinya bertutur kalau kondisi pantai dengan air keruh kecoklatan dan sampah berserakan, sudah menjadi pemandangan biasa.

 

“Terkadang ada juga yang mungutin sampah, itu juga tidak rutin. Makanya kondisi pantai tetap seperti ini, tidak ada perubahan kang,” jelas Ningsih sembari memandang ke pantai.**Baca juga: Potensi Bisnis Pepes Batari, Butuh Dukungan Pemerintah

 

Usai melepas lelah di kios kelapa, kali ini Kabar6 menyambangi sekumpulan keluarga yang sedang santai di bale sebuah kios tepat di bibir pantai. Zailani (45) warga Sawangan, Depok, Jawa Barat, telah beberapa kali rekreasi ke Tanjung Pasir bersama keluarga menggunakan beberapa mobil.

 

Namun, beberapa kali itu jualah, kekecewaan kerap timbul di benak Zailani. Ya, kondisi pantai yang dari tahun ke tahun tak pernah berubah, terutama masalah sampahnya.

 

“Terus terang mas, sampah di pantai ini sangat mengganggu kenyamanan kami. Seharusnya, pemerintah setempat sungguh-sungguh dalam mengelola pantai ini. Toh pantai ini merupakan andalan wisata di Kabupaten Tangerang,” ungkap Zailani datar.(fitrah)

Berita Terbaru