oleh

Pandemi Covid-19, Limbah Medis RSUD Kabupaten Tangerang Melonjak

Kabar6 – Wakil Direktur Pelayanan Penunjang Medik RSUD Kabupaten Tangerang, dr. Endang Widyastari mengatakan sejak pandemi Covid-19 berlangsung, limbah medis rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Tangerang itu melonjak. “Terutama di awal masa pandemi corona terjadi,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (30/6/2020).

Berdasarkan catatan pada bulan Maret 2020 terkumpul limbah covid-19 sekitar 900 kilogram, tertinggi di bulan April mencapai 2.903 kilogram dan untuk limbah lainnya sekitar 9.900 kilogram di bulan Maret. “Untuk di bulan Juni saat ini berdasarkan catatan sudah ada sekitar 6.200 kilogram limbah non covid ya, dan untuk covid hanya berkisar di angka dua ribuan,” kata Endang. **Baca juga: Pandemi Covid-19, Jumlah Keluarga Miskin di Kabupaten Tangerang Meningkat.

Rumah Sakit Daerah Umum Kabupaten Tangerang mengelola ratusan kilogram limbah setiap harinya. Endang mengatakan, pihaknya juga berhasil melakukan efiensi pengelolaan limbah dengan melakukan daur ulang limbah baik seperti limbah botol infus dan kardus. “Dalam satu bulan bisa melakukan daur ulang sebanyak 330 kilogram.” (Vee)

Berita Terbaru