oleh

Pandemi COVID-19, Ini Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Kabar6-Meskipun sangat disarankan, di satu sisi social distancing dan work from home cenderung membuat Anda jadi kurang gerak, terlebih jika tempat tinggal memang tidak luas atau berukuran sempit.

Padahal, berolahraga dapat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh yang penting untuk melawan COVID-19. Studi menunjukkan, kurang gaya hidup kurang gerak dapat menurunkan daya tahan tubuh, sehingga meningkatkan risiko terjadinya infeksi virus.

Karena itu, melansir Femina, Anda disarankan untuk tetap hidup aktif selama pandemi COVID-19, dengan melakukan olahraga. Apa saja olahraga yang disarankan?

1. Latihan aerobik
Jalan cepat sekeliling rumah atau naik turun tangga di dalam rumah selama 10-15 menit, 2-3 kali per hari. Alternatif lain, lompat tali atau senam aerobik atau dance mengikuti intruksi dari video di YouTube.

Latihan yang sifatnya aerobik dapat dilakukan baik di dalam maupun di luar ruangan, dengan tetap mengutamakan jarak dengan orang lain (social distancing) dan tidak menyentuh benda dan wajah (free touch activity).

2. Latihan kekuatan otot
Lakukan gerakan seperti squat (jongkok-berdiri), lunges, atau push-up. Anda bisa memakai aplikasi yang tersedia pada ponsel. ** Baca juga: Rutin Angkat Kaki Selama 20 Menit Miliki 4 Manfaat Kesehatan

3. Stretching break
Terkadang karena di rumah, Anda lupa jam istirahat bahkan kerja over time. Apa pun itu, dokter menyarankan untuk menghindari duduk sepanjang hari. Lakukan peregangan statis untuk leher, bahu, lengan, punggung, dan kaki, dengan menahannya selama 10-15 detik.

Hal yang perlu diingat, jangan sampai overtraining atau olahraga secara berlebihan. Studi menunjukkan, latihan fisik berintensitas sedang paling baik untuk meningkatkan imunitas, tapi latihan fisik dengan intensitas tinggi justru bisa menurunkan imunitas sehingga meningkatkan risiko infeksi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru