oleh

Pandemi COVID-19 Belum Usai, Bagaimana Cara Aman ke Salon Saat New Normal?

Kabar6-Setelah sekian lama berdiam diri dalam rumah, kini Anda bisa menjalankan kegiatan seperti biasa seperti pergi ke salon. Meskipun begitu, Anda tetap harus memperhatikan protokol kesehatan dan kebersihan.

Bagaimana agar tetap aman dan nyaman memakai jasa salon di tengah pandemi COVID-19? Melansir Womantalk, berikut sejumlah panduannya:

1. Pergi ke salon seperlunya
Selama masa PSBB, tren potong rambut sendiri di rumah kerap banyak beredar di media sosial. Nah, tak ada salahnya untuk menerapkannya kembali tren tersebut selama era new normal.

Namun, jika memang harus pergi ke salon, lebih baik hanya untuk memotong rambut, bukan melakukan perawatan riskan lainnya seperti manicure dan pedicure, creambath, facial, cat rambut, atau pasang eyelash extensions yang memakan waktu lebih lama di salon.

Jadi lebih baik ke salon jika benar-benar untuk keperluan mendesak dan jangan terlalu lama berada di sana.

2. Pilih lokasi yang tak ramai
Jika benar-benar mendesak, usahakan untuk memilih lokasi salon yang tak ramai, misalnya bukan yang terletak di dalam mal. Usahakan datang pada jam yang cenderung tak ramai, misalnya pagi hari.

3. Pilih salon yang terapkan ‘protokol ketat’
Di era new normal nanti tentu akan ada protokol kesehatan dan kebersihan di berbagai sarana dan prasarana umum, tak terkecuali salon. Jika memang mendesak, pilih salon yang menerapkan protokol tersebut dengan ketat.

Hal ini karena Anda akan bersentuhan langsung dengan para pegawainya. Tak ada salahnya Anda memilih salon dengan pegawai yang memakai masker atau faceshield dan sarung tangan, serta selalu menjaga kebersihan tubuhnya.

4. Bawa peralatan sendiri
Meskipun terdengar aneh, tidak ada salahnya pergi ke salon untuk membawa peralatan sendiri, salah satunya yang simpel, tetapi esensial adalah handuk.

5. Pakai masker dan bawa hand sanitizer
Sama seperti saat era PSBB, memakai masker dan membawa hand sanitizer basah wajib hukumnya saat Anda bepergian ke luar rumah, apalagi di era new normal nanti.

Jadi tidak disarankan untuk pergi ke salon jika tak ada kebutuhan mendesak. Namun, jika tak bisa ditahan lagi, jangan lupa tetap pakai masker dan bawa hand sanitizer atau tisu basah.

6. Pilih layanan di rumah
Tak hanya pesan antar makanan, layanan salon kini juga bisa didapat lewat home service. Daripada harus keluar rumah untuk pergi ke salon, lebih baik memilih salon home service.

Jangan lupa untuk memilih salon home service yang tetap mengutamakan protokol kesehatan dan kebersihan secara ketat, seperti pegawai yang selalu mencuci tangan saat baru tiba di rumah Anda dan memakai masker, faceshiled, hingga sarung tangan, serta peralatan yang terjaga kebersihannya.

Jika perlu, pegawai salon yang datang juga didahulukan untuk mandi dan ganti baju, serta membawa peralatan yang memang sudah melewati proses sterilizing. ** Baca juga: Tubuh Tiba-tiba Seperti Terpeleset Saat Tidur, Apa Penyebabnya

Hal yang diingat, meskipun sudah memasuki era new normal, usahakan untuk menahan diri pergi ke salon atau menggunakan layanan salon home service jika tidak ada kebutuhan mendesak.(ilj/bbs)

Berita Terbaru