oleh

Pandemi COVID-19, American Airlines Terbang dengan Satu Penumpang

Kabar6-Ada banyak sektor usaha yang mengalami kerugian atau laba yang merosot selama pandemi COVID-19. Sama halnya, beberapa maskapai di Amerika Serikat (AS), pun mengalami penurunan jumlah penumpang.

Bahkan, ada maskapai yang hanya memiliki satu penumpang dalam sebuah penerbangan. Ya, penerbangan yang hampir kosong telah menjadi potret baru bagi maskapai penerbangan AS saat ini.

Salah satu penumpang tunggal tersebut, melansir onenewspage, adalah fotografer Reuters bernama Carlos Barri. Ia menggunakan pesawat American Airlines 4511 dari Bandara Nasional Washington Reagan ke New Orleans saat bertugas, dan merupakan satu-satunya penumpang dari 76 kursi yang tersedia. “Ada saat-saat canggung,” kata Barri.

Meski menjadi penumpang satu-satunya, segala prosedur penerbangan tetap dilakukan. “Maskapai ingin kami terus memberikan perjalanan udara yang aman melalui krisis ini, kami harus terus terbang seperti yang diminta dan melayani penumpang yang perlu melakukan perjalanan,” kata Doug Parker, Chief Executive Officer American Airlines.

Dalam upaya melindungi penumpang dan kru, maskapai penerbangan mengurangi layanan minuman dan makanan ringan. Peningkatkan prosedur pembersihan kabin dilakukan, termasuk penggunaan sarung tangan oleh pramugari.

Administrasi Keamanan Transportasi AS (TSA) melaporkan, hanya ada 129.763 wisatawan pada Jumat (3/4/2020). Kondisi ini berbanding terbalik dengan 2,48 juta pada hari yang sama tahun lalu. Maskapai penerbangan AS pun ‘membakar’ uang setiap hari agar tetap beroperasi. ** Baca juga: Kreatif, Seorang Mahasiswi Membuat Masker Khusus untuk Tunarungu

Kondisi ini membuat maskapai mengajukan permohonan bantuan kepada pemerintah. Pengajuan ini dimaksudkan untuk membantu memenuhi gaji karyawan dan memastikan staf terlatih tetap tersedia begitu krisis usai.(ilj/bbs)

Berita Terbaru