oleh

Pandemi Corona, Wali Kota Serang Sulit Berkoordinasi dengan Gubernur Banten

Kabar6-Walikota Serang Safrudin mengeluhkan lemahnya koordinasi antara Pemerintah Kota (Pemkot) Serang dengan Provinsi Banten dalam mencegah sekaligus menangani Covid-19.

“Saya kesulitan berkomunikasi langsung dengan Gubernur Banten Wahidin Halim mengenai upaya apa saja yang bisa dilakukan bersama dalam penanganan Covid-19 agar tidak tumpang tindih,” ujarnya kepada wartawan, Minggu (12/4/2020).

Safrudin mengaku sejak wabah virus ini, dia belum pernah berkoordinasi dengan Gubernur Banten karena akses langsung ke orang nomor 1 di Banten itu tidak ada. ” Baru kemarin itu pun gara-gara ada soal pemakaman, itu pun tidak tahu WA (whatsapp) dari ajudan atau siapa, saya tidak tahu,” terang Safrudin,

Mengenai anggaran penanganan covid-19 yang telah disediakan oleh Pemprov Banten, menurut Safrudin, alangkah baiknya jika anggaran tersebut diserahkan langsung kepada Pemerintah kota.

“Karena Pemerintah Kota Serang khususnya, pastinya akan lebih paham dengan persoalan yang terjadi. Dengan begitu, penanganan bisa lebih tepat, menghindari terjadinya tumpang tindih kegiatan antara Pemprov dengan Pemkot Serang,” katanya.

**Baca juga: Banten Siapkan Program Padat Karya Bagi Korban PHK Covid-19.

Safrudin mencontohkan seperti penyemprotan di area Terminal Pakupatan Kota Serang. “Kota Serang nyemprot, Pemprov juga nyemprot. Harusnya bisa nanya dulu mana saja daerah yang belum disemprot,” katanya.

Mengenai alokasi anggaran Bantuan dari Pemprov Banten kepada Kabupaten/kota yang direncanakan akan dialihkan semuanya untuk penanganan covid. Safrudin menilai hal tersebut tidak perlu dilakukan jika koordinasi antar masing-masing daerah bisa dibangun.(Den)

Berita Terbaru