oleh

Pandemi Corona, Mendagri Intruksikan Daerah Bangun RS dan Laboratorium

Kabar6-Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mempersilahkan pemerintah daerah menyiapkan ruangan isolasi dan penanganannya, melalui gugus tugas yang ditunjuk. Langkah ini untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19 di daerah.

“Pemda harus lakukan upaya untuk mitigasi dengan mempersiapkan sarana dan prasarnaa termasuk rumah sakit (RS), Laboratorium dan lain-lain agar masyarakat dapat melaksanakan pemeriksaan dan kemudian perawatan bagi yang terindentifikasi positif covid 19,” ujarnya usai rapat terbatas bersama Gubernur Banten Wahidin Halim, di Kantor Gubernur Banten kawasan KP3B, Curug, Kota Serang, Kamis (19/3/2020).

Hadir sejumlah kepala daerah lainnya pada kesempatan tersebut, seperti Walkot Tangsel, Airin Rachmi Diany, WalkotbTangerang, Arief Firmansyah, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, dan forum Forkominda lainnya. **Baca juga: Pandemi Corona, Mendagri Perbolehkan Kepala Daerah Geser Anggaran.

Tito menjelaskan untuk melakukan mitigasi bila terjadi keadaan kontigensi. Artinya, jika ternyata ada peningkatan yang terpapar, meski yang terpapar ada penyembuhan tersendiri dengan kekebalan daya tubuh. “Maka kapasitas sistem kesehatan di jajaran Banten harus siap jangan sampai nanti kapasitasnya di bawah jumlah yang nanti terpapar ini yang harus disiapkan baik  dengan kerjasama RS swasta, RS terakreditasi bahkan tempat yang tidak terpakai untuk isolasi,” kata Tito. (Den)

Berita Terbaru