oleh

Pandeglang Dorong Desa Kelola Wisata Embung

Kabar6- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang mendorong pemerintah desa agar mengelola bangunan embung sebagai objek wisata.

Sehingga danau buatan itu bukan hanya sebatas sarana penampungan air saja, akan tetapi harus menjadi penggerak ekonomi warga.

Menurut Kepala DPMPD Pandeglang, Doni Hermawan ada beberapa potensi dalam pembangunan embung yang bisa dimanfaatkan, bukan hanya sebatas untuk penampungan air untuk persediaan musim kemarau bagi petani. Akan tetapi, embung juga bisa dikonsep untuk menjadi destinasi wisata.

“Kawasan embung bisa dikelola menjadi destinasi wisata, maka nantinya akan timbul pergerakan ekonomi warga di lokasi embung itu. Sehingga ekonomi masyarakat sekitar bisa lebih meningkat lagi,” ungkap Doni saat meninjau pembangunan embung Desa Cigandeng, Kecamatan Menes, Jumat (7/8/2020).

Lanjut Doni, seperti pada bangunan embung milik Desa Cigandeng, Menes, meski saat ini kondisinya belum rampung, namun terdapat banyak potensi yang bisa dikembangkan di embung tersebut. Karena memiliki lahan yang cukup luas dan sumber airnya juga cukup bagus.

“Tinggal dilakukan penataan lagi serta disediakan sarana penunjangnya, untuk menjadi destinasi wisata yang bisa dinikmati para wisatawan,” katanya.

Dalam meningkatkan dan memajukan embung dalam meningkatan ekonomi maayarakaat, pihaknya juga akan membantu mengarahkan agar embung itu menjadi sentra wisata baru. Jadi kata dia, setiap desa di Pandeglang terdapat destinasi wisatanya.

“Selain akan mampu mendongkrak perekonomian warga, destinasi wisata embung juga akan bisa menghasilkan pendapatan bagi desa itu sendiri,” ujarnya.

**Baca juga: Wabup Tanto Minta Anggaran Bankeu Rp 11 Miliar Terserap, Dinkes Pandeglang Bergeming.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Cigandeng, Menes, Sukma mengaku, memang konsep bangunan embung ini sebagai destinasi wisata desa. Tidak hanya menjadi tempat penyediaan air bagi para petani dikala musim kemarau saj, tapi ia menginginkan juga embung bisa dinikmati sebagai wisata alam.

“Nanti akan disediakan juga sarana penunjang wisata, bangun kios – kios bagi para pedagang, serta penunjang lainnya. Maka dari itu, kami minta dukungan dari pihak DPMPD agar rencana pembangunan wisata embung desa ini terlaksana dengan baik,” tandasnya. (Aep)

Berita Terbaru