oleh

Pandeglang Diguncang Gempa Bumi 4,2 Magnitudo

Kabar6 – Gemba bumi mengguncang wilayah Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang dengan kekuatan 4,2 magnitudo, Sabtu (26/11/2022) pukul 18:43:36 WIB. Belum ada informasi kerusakan akibat gempa tersebut.

Berdasarkan Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 4,2 magnitudo. Episenter terletak pada koordinat 6.86 LS dan 105.56 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 22 km Barat Daya pada kedalaman 9 km.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto dalam siaran persnya.

**Baca juga: Kesenjangan Sosial di Pandeglang Mengkhawatirkan, Uday Singgung Pembelian Sepeda Listrik Rp 38 Miliar 

Berdasarkan rilis dari BMKG jenis gempa memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas aktivitas sesar lokal di wilayah setempat.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cibaliung, Cikotok, Panimbang, Sumur, Muarabinuangen, Labuan dengan Skala Intensitas III MMI Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.(aep)

Print Friendly, PDF & Email