Pakistan Miliki Tanaman Jamur yang Bisa Memakan Plastik

Aspergillus tubingensis.(Telegraph)

Kabar6-Jamur jenis Aspergillus tubingensis yang ditemukan di tumpukan sampah di Pakistan, ternyata bisa menguraikan plastik dalam hitungan minggu. Aspergillus tubingensis diketahui dapat ‘memakan’ jenis plastik yang dikenal dengan nama poliuretana, biasa digunakan pada produk kulit sintetis, hanya dalam waktu delapan minggu.

Biasanya, plastik membutuhkan waktu puluhan atau ratusan tahun untuk terurai. Proses penguraian yang lama inilah, melansir nationalgeographic, membuat plastik berbahaya bagi lingkungan hidup. Organisme ini merupakan salah satu dari beberapa penemuan baru dari Kew Gardens yang menekankan tentang pentingnya jamur.

Meski sering diremehkan, ternyata jamur bisa membuktikan bahwa mereka berguna di bidang obat-obatan, produksi bahan bakar bio, dan kini bisa menjadi kunci untuk mengatasi masalah plastik.

“Jika dikembangkan, jamur ini bisa menjadi salah satu alat untuk mengatasi masalah lingkungan paling parah di dunia, yaitu limbah plastik,” demikian tulis laporan Kew Gardens. ** Baca juga: Setelah 50 Tahun, Buku yang Dipinjam Baru Dikembalikan ke Perpustakaan

Jamur mencerna makanannya dengan mengeluarkan enzim dan menyerap kembali bahan organik yang sudah larut ke dalam sel. Selain bisa memakan plastik, jamur juga diketahui dapat mengonsumsi polutan seperti tumpahan minyak, bahan kimia beracun seperti gas saraf sarin, TNT, dan limbah radioaktif.(ilj/bbs)