oleh

Pakar Kesehatan Tiongkok Sebut, Vaksin COVID-19 Diperkirakan Tersedia untuk Publik Awal Tahun Depan

Kabar6-Seorang pakar kesehatan Tiongkok menyebut, vaksin COVID-19 mungkin bisa tersedia untuk penggunaan darurat mulai September, dan untuk publik mulai awal tahun depan.

Hal ini, melansir thestar, menjadi momen pertama kalinya seorang pakar dan pejabat Tiongkok memberikan perkiraan waktu untuk pengembangan vaksin COVID-19, yang diyakini menjadi kunci dalam mengatasi pandemi global. Sementara Otoritas Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat (FDA) meyakini, pengembangan vaksin untuk COVID-19 di AS membutuhkan waktu setidaknya setahun.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan bahwa pengembangan vaksin bisa memakan waktu 12-18 bulan. Kepala Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok bernama Gao Fu, dalam wawancara dengan media nasional China Global Television Network (CGTN) mengatakan, sebuah vaksin mungkin telah siap untuk penggunaan darurat pada September mendatang.

“Selalu dibutuhkan waktu untuk mengembangkan sebuah vaksin atau obat tertentu,” jelas Gao. Ditambahkan, vaksin akan digunakan untuk populasi yang sehat, maka harus dipastikan bahwa vaksin itu aman dan efisien dan benar-benar bekerja untuk masyarakat.

Namun, mempertimbangkan situasi yang terus berkembang dan jika terjadi wabah darurat di masa mendatang, Gao mengatakan, “Kita mungkin memiliki vaksin yang akan digunakan dalam keadaan darurat.” ** Baca juga: Robot Antar Belanjaan ke Rumah Penduduk di Inggris yang Terjebak Lockdown

Semoga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru