oleh

Pakar Bedakan Antara Tubuh Sehat dan Bugar

Kabar6-Mengatur pola makan hingga berolahraga menjadi kegiatan yang banyak dipilih orang untuk menjaga tubuh tetap sehat. Meski demikian, sehat tidak menjamin tubuh yang bugar, lho.

Hal ini karena sehat dan bugar itu jelas berbeda. Melansir tempo.co, manusia harus memiliki kondisi yang tidak hanya sehat namun juga bugar. Sehat berarti secara fisik, mental, dan sosial tidak memiliki keluhan penyakit atau gangguan. Sementara bugar berarti mampu melakukan aktivitas sehari-hari dan lebih daripada itu tanpa kelelahan berlebihan.

Olahraga menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran. Untuk kesehatan Anda disarankan latihan aerobik. Namun latihan aerobik yang dimaksud adalah olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang dengan gerakan yang berulang-ulang dalam waktu yang panjang. Orang sering menyebutnya sebagai latihan kardio.

Disebut juga latihan kardio karena ditujukan untuk melatih jantung dan paru-paru, sehingga tujuan akhir latihan kardio untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. ** Baca juga: Konsumsi Buah Saat Sahur Berikan Sejumlah Manfaat Menyehatkan

Contoh latihan aerobik atau kardio adalah jalan cepat, lari-lari ringan atau jogging, bersepeda, berenang, lompat tali, hingga dayung. Bila latihan aerobik untuk meningkatkan kesehatan, maka latihan non-aerobik bertujuan untuk meningkatkan kebugaran tubuh.

Non-aerobik adalah latihan yang intensitasnya berat, gerakan yang sedikit pengulangan, dan waktu melakukannya pendek. Sebagai contoh adalah semua olahraga yang menggunakan otot karena bertujuan untuk melatih massa otot sehingga tubuh bugar.

Contoh olahraga non-aerobik adalah angkat besi, push up, sit up, lunges, squat, hingga plank.(ilj/bbs)

Berita Terbaru