oleh

Pakai Talenan dari Kayu dan Plastik, Mana yang Terbaik?

Kabar6-Selama ini kita mengenal ada dua jenis talenan yang digunakan untuk memotong sayuran atau daging, yaitu talenan yang terbuat dari kayu dan plastik. Nah, mana yang sebaiknya dipilih, dan berapa lama talenan harus diganti?

Talenan kayu dan plastik masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Talenan plastik lebih mudah dirawat, tetapi talenan jenis ini disebut lebih berisiko menyimpan bakteri. Sebaliknya, talenan kayu dianggap lebih higienis.

Penelitian Dean O. Cliver dari University of California, Amerika Serikat, melansir tempo.co, menemukan bahwa talenan kayu mengandung lebih sedikit bakteri, terutama salmonella dan E. Coli. Bakteri dari bahan makanan mentah seperti daging akan tenggelam di kayu, mereka tidak dapat berkembang biak dan akhirnya mati.

Sementara pada talenan plastik, bakteri akan terjebak di bekas goresan pisau. Bakteri ini sulit dibersihkan meskipun dengan mesin pencuci piring. Itu sebabnya, para ahli menyarankan menyiram talenan dengan air panas setelah digunakan.

Selain itu, talenan kayu yang terbuat dari bahan keras, seperti kayu maple, memiliki toleransi yang lebih tinggi terhadap keausan sehingga tidak perlu sering diganti. Kalaupun aus, talenan ini masih bisa digunakan lebih lama.

Namun talenan apa pun yang Anda gunakan, jangan lupa bersihkan setiap hari, karena alat dapur ini bisa mengandung bakteri dari sisa bahan makanan yang bisa menginfeksi keluarga.

Jangan lupa menggantinya jika sudah digunakan terlalu lama. Indikasi mengganti talenan adalah ketika permukaan talenan sudah kasar. ** Baca juga: Jangan Lupa Tutup Kloset Sebelum Disiram untuk Hindari Penyebaran COVID-19

Satu hal lagi, pisahkan talenan khusus untuk memotong daging atau sayuran mentah dengan talenan untuk buah-buahan atau makanan siap saji.

Cara ini akan mengurangi risiko kontaminasi silang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru