oleh

Pakai Riasan Gotik, Wanita Ini Dilarang Naik Kereta Api

Kabar6-Karena memakai make-up bergaya gotic, seorang wanita asal Tiongkok dilarang naik kereta api. Kejadian itu diunggah dalam sebuah postingan di media sosial Tiongkok, Weibo.

Dalan unggahan yang kemudian menjadi viral itu, melansir theguardian, wanita tadi mengaku diminta seorang staf subway Guangzhou di daerah selatan Tiongkok untuk menghapus make-up jika ingin naik kereta. Petugas itu mengatakan jika riasannya ‘problematis dan sangat jelek’. Hal tersebut karena ia bergaya dan berdandan gotic, yang bagi sebagian orang memang menyeramkan. Lantaran merasa melakukan kesalahan, wanita itu pun mengeluh dalam unggahannya.

“Sebagai seorang warga Tiongkok, aku berharap bisa menggunakan wadah yang relatif publik ini untuk menantang pihak berwajib. Hukum apa yang membuat kalian bisa menghentikan dan membuang waktuku? Jika kamu bisa menyatakan satu saja aku bersedia untuk membayar banner untuk digantung di stasiun yang berbunyi ‘Orang yang menggunakan pakaian lolita gotik tidak diperkenankan menaiki subway,” demikian tulisnya di Weibo.

Dalam foto yang diunggah, wanita tersebut terlihat menerapkan make-up gotik tidak biasa yang diterapkan di keseharian. Ia memakai eyeshadow bernuansa silver dengan pengaplikasikan eyeliner hitam cukup tebal. Ia juga memakai lipstik berwarna hitam yang semakin menonjolkan kesan gotic.

Protes dalam Weibo tersebut sudah dibagikan lebih dari 5.000 kali. Sejumlah wanita yang juga hobi berdandan gotic ikut memberikan dukungannya. Dalam Weibo, ratusan wanita memposting hasil selfie wajah yang dirias ala gotic, dengan tanda pagar #ASelfieForTheGuangzhouMetro. Beberapa juga sekaligus menyatakan protes mereka terhadap sikap petugas subway itu.

Sebelumnya dilaporkan, ternyata ada dua wanita yang juga mengalami insiden sama di stasiun kereta. Untuk kejadian kali ini pun pihak subway Guangzhou menyatakan perminta maaf kepada wanita tersebut atas momen yang menyebabkan ketidaknyaman. ** Baca juga: Belum Dirilis, Make-up Seharga Rp34 Miliar Raib Dicuri

Bagaimana pendapat Anda? (ilj/bbs)

Berita Terbaru