oleh

Pakai APD Seadanya, Puskesmas di Lebak Periksa Kesehatan ODP Corona

Kabar6-Tenaga medis Puskesmas Parungsari, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak tengah memantau kondisi kesehatan salah seorang pria berusia 21 tahun yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) terkait virus Corona atau Covid-19.

Dari foto-foto yang diperoleh, Kabar6.com, Kamis (26/3/2020), nampak dua orang tenaga medis dengan mengenakan alat pelindung diri (APD) seadanya sedang memeriksa kondisi seorang pria yang tergolek di atas kasur.

“Iya, yang bersangkutan ODP. Tadi kami turun bersama muspika, kepala desa dan anggota dewan Pak Musa. Untuk sementara ini kami lakukan pematauan 3 hari ke depan,” kata Kepala Puskesmas Parungsari, Halimatu Saadiah saat dihubungi.

Sadiah menuturkan, pada Minggu (22/3), pemuda yang bekerja di Jakarta pulang ke kampung halamannya. Sebelum mengalami demam, pasien sempat bermain ke Pantai Bagedur.

**Baca juga: Ini Prioritas Jatah 200 Alat Rapid Test Covid-19 di Lebak.

“Selasa sore pasien panas lalu hari Rabu memeriksakan diri ke RS Malingping. Kalau dari pemeriksaan sementara kami, kesimpulan awal pasien mengalami Typus Abdominalis. Tidak ada sesak nafas yang signifikan, nafas normal, dia lemas karena semalam ada diare tapi tadi sudah tidak ada,” papar Diah.

Terkait dengan APD, meski seadanya, namun diharapkan dapat melindungi diri para tenaga medis yang bertugas. Itu pun persediannya hanya cukup 2 minggu ke depan.

“Itu pun kami beli melalui online dan memang tidak standar. Kami berharap ini dapat dipenuhi karena khawatir situasi seperti ini panjang ya,” harapnya.(Nda)

Berita Terbaru