oleh

Pabrik Microchip Terbesar di Dunia Bakal Hadir di Banten Utara

Kabar6-Selain perusahaan asal Turki, perusahaan patungan bernama Asia Regency Holding Limited, juga berencana menanamkan modalnya di Banten.

Perusahaan ini merupakan patungan dari berbagai negara, diantaranya Jepang, Taiwan, USA, Singapura, China dan Korea Selatan.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BKPMPT), Ranta Soeharta, Asia Regency Holding Limited adalah produsen microchip.

Bila benar-benar dibangun, maka pabrik microchip di Banten ini akan menjadi yang terbesar di dunia.

Pabrik ini akan membutuhkan lahan seluas 200 hektare lebih dan pasokan listrik perhari mencapai 400 mega watt (MW).

“Lokasi pabrik itu tepatnya di Banten Utara,” kata Ranta, Jumat (6/3/2015).

Guna mensukseskan proyek berskala internasional tersebut, pimpinan perusahaan Asia Regency Holding Limited telah bertemu dengan Gubernur Banten, Rano Karno, untuk meminta izin dari Pemprov Banten.

Sedangkan untuk mempermudah distribusi barang, Asia Regency Holding Limited telah membidik sejumlah lokasi yang letaknya berdekatan dengan Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang.

“Distribusi aman dan tidak terlalu beresiko saat diangkut dengan mobil. Kalau ini jadi, bakal menyerap tenaga kerja yang besar juga,” tegasnya.

Diketahui bahwa teknologi microchip berupa semikonduktor kecil yang fungsinya untuk menyampaikan, menerima, mengolah dan menyampaikan informasi.

Istilah ini juga dapat disebut sirkuit terpadu. Microchip merupakan bagian terpenting dalam sebuah alat elektronik, seperti komputer, televisi, bahkan microwave. **Baca juga: Wow, Perusahaan Turki Bakal Investasi di Pandeglang.

Sedianya, investor asing asal Turki, yaitu Hitay Energy Holdings, juga tengah melirik wilayah Kabupaten Pandeglang sebagai titik potensial untuk menanamkan modal.(tmn/din)

 

Berita Terbaru