oleh

P2TP2A Lebak Ingatkan Gadis ABG Hati-hati Berkenalan di Medsos

Kabar6-Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Lebak, mengingatkan kepada para gadis ABG untuk lebih berhati-hati jika berkenalan melalui media sosial (Medsos).

Karena tidak sedikit, tindakan asusila yang menimpa remaja putri berawal dari perkenalan melalui medsos. Sejak Januari 2020, P2TP2A Lebak menerima 10 laporan tindakan asusila yang berawal dari medsos.

“Kebanyakan korbannya adalah anak di bawah umur yang masih lugu, terbujuk rayula oleh ucapan-ucapan laki-laki yang mereka baru kenal,” kata Ketua P2TP2A Lebak, Ratu Mintarsih kepada Kabar6.com, Rabu (21/10/2020).

Ratu berharap, remaja putri tak mudah percaya dengan identitas di media sosial. Karena banyak, pelaku yang sengaja memalsukan identitas di media sosial dengan tujuan menarik calon korbannya.

“Padahal bukan foto dia tapi dipakai seolah-olah dia tampan tapi setelah ketemuan berbeda. Kalau pun mau ketemuan dengan lelaki yang baru dikenal bertemulah di tempat terbuka dan bersama teman, dan jangan mau diajak ke tempat tertentu,” pesan Ratu.

Tak kalah penting menurutnya, remaja putri juga tak mudah termakan bujuk rayu orang yang baru dikenalnya jika meminta foto atau video anggota tubuh.

“Nah, ini yang saya pesan betul. Jangan sampai menuruti, karena enggak sedikit kasusnya, korban sudah memberikan foto kemudian setelah bertemu lalu pelaku mengajak bersetubuh dan ditolak korban. Pelaku akan mengancam akan menyebar foto itu,” tutur Ratu.

Peran orangtua dalam mengawasi buah hatinya sangat diperlukan agar kasus-kasus yang terjadi tak terulang.**Baca juga: PSBB Lebak Diperpanjang Atau Tidak, Pemkab Tunggu Keputusan Gubernur.

“Termasuk pendidikan agama yang harus benar-benar diajarkan dan ditanamkan untuk menjadi pondasi yang kuat kepada anak agar mereka tahu mana yang boleh dilakukan dan tidak,” harapnya.(Nda)

Berita Terbaru