oleh

Orangtua yang ‘Kecanduan’ Smartphone, Miliki Interaksi Kurang Ideal dengan Anak

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Harus diakui bahwa saat ini tidak sedikit orangtua yang cenderung menghabiskan waktu dengan bermain ponsel. Akibatnya, waktu untuk berinteraksi dengan anak-anak mereka menjadi tidak maksimal.

Ditunjukkan dalam sebuah studi, jumlah gangguan terkait penggunaan teknologi yang rendah atau tampak normal berdampak pada masalah perilaku anak. Dikutip dari Aura, perilaku itu antara lain sensitifitas yang berlebihan, temperamen, hiperaktif dan rewel.

“Temuan ini menunjukkan hubungan antara penggunaan teknologi digital dan disfungsi hubungan antara orangtua dan anak-anak mereka,” jelas Brandon T. Mc Daniel, pemimpin penulis, Asisten Profesor di Illinois State University, Amerika Serikat.

Ditambahkan, ketika orangtua menggunakan smartphone, respon mereka terhadap anak akan berubah, dan penggunaan perangkat tersebut menyebabkan interaksi yang kurang ideal dengan anak-anak mereka.

“Sangat sulit untuk mengalihkan perhatian antara semua informasi penting dan hal yang menarik perhatian dalam smartphone,” tambah Jenny Radesky, ahli perilaku anak dan dokter anak di Rumah Saki Anak C.S. Mott, Amerika Serikat. ** Baca juga: 4 Jenis Insomnia yang Ganggu Kesehatan

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Children Development menganalisis survei yang dilakukan secara terpisah kepada ayah dan ibu dari 170 rumah tangga. Hasilnya, nyaris 48 persen dari mereka melaporkan gangguan smartphone tiga kali atau lebih pada hari biasa. Sekira 17 persen dari mereka mengatakan hal itu terjadi sekali, dan 24 persen mengatakan terjadi dua kali dalam sehari.(ilj/bbs)

Berita Terbaru