oleh

Operasi Zebra 2020, Satlantas Polsek Pagedangan Lakukan Cara Unik

Kabar6-Operasi Zebra 2020 sedang dilaksanakan oleh pihak kepolisian dari tanggal 26 Oktober hingga 8 November 2020.

Para pengemudi yang melanggar harus bersiap-siap akan mendapatkan sanksi tilang, termasuk suara bising dan kebut-kebutan.

Dibalik operasi itu, ada cara unik yang dilakukan Satlantas Polsek Pagedangan.

Dimana kepolisian tak hanya menindak pelanggar, tetapi juga, memberikan apresiasi dalam bentuk bantuan bahan Sembako dan masker bagi pengendara yang tertib dan membawa kelengkapan surat.

Kanitlantas Polsek Pagedangan, Ipda Rahmat Gunawan mengatakan, pihaknya saat ini menginginkan citra penegakan aturan berlalu lintas bukan hanya dengan memberikan sanksi, melainkan juga dengan memberi apresiasi.

Sehingga, menurutnya, upaya simpatik itu menumbuhkan kesadaran bagi pengendara.

“Selain sanksi, kami juga memerhatikan pengendara yang tertib berlalu lintas dengan memberikan bantuan Sembako dan masker,” katanya kepada Kabar6.com di sela-sela Operasi Zebra di Jalan Milano Raya, Medang, Pagedangan, Sabtu (31/10/2020).

Di antara pengemudi yang mendapat bantuan Sembako itu adalah sopir truk, pikap, angkutan kota, dan mobil angkutan barang lainnya.

Terlihat para pengendara sempat tegang saat diberhentikan oleh petugas, saat itu satu persatu petugas mengecek kelengkapan surat dan dokumentasi barang.

Jika semua dinyatakan lengkap, petugas langsung memberi hadiah Sembako.

“Kalau pemeriksaan, semua jenis kendaraan kita periksa. Tapi hanya untuk kendaraan tertentu saja yang pengemudinya kita beri bantuan Sembako, asalkan semua lengkap,” jelas Gunawan.

Pengemudi pick up, Nurrochim (43) saat itu mengira pemeriksaan surat dan dokumen itu sebatas operasi razia sebagaimana biasa.

**Baca juga: Gantung Diri Kembali Terjadi di Tangsel Bulan Ini.

Namun begitu surat kendaraannya dinyatakan lengkap, tiba-tiba petugas kepolisian memberikannya sepaket Sembako.

“Saya kira mau razia aja tadi, nggak tahunya dikasih Sembako juga. Kata pak polisinya, itu bantuan karena saya nggak melanggar aturan,” tutupnya.(eka)

Berita Terbaru