oleh

Operasi Kalimaya: Bagi 1.000 Sabun Cuci Tangan Hingga Imbauan Tidak Mudik

Kabar6-Operasi keselamatan kalimaya akan berlangsung selama dua pekan, dimulai sejak tanggal 06 April hingga 19 April 2020.

Sasarannya, selain ketertiban lalu lintas, kali ini juga ketertiban masyarakat untuk mencegah penyebaran covid-19.

Jika di Polres Lebak membagikan masker, maka Satlantas Polres Serang Kota membagikan 1.000 sabun ke masyarakat umum, sasaran utamanya pedagang asongan, tukang becak, pemulung, supir angkot hingga ojek online.

Pembagian sabun ini dikarenakan penggunaannya yang mudah dan bisa dipakai secara bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya.

“Aksi berbagi 1000 sabun secara gratis ini selain sebagai bentuk keprihatinan dan kepedulian akan wabah Covid-19, juga sebagai awal pelaksanaan operasi keselamatan Kalimaya tahun 2020. Ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Polisi Lalu Lintas Polres Serang Kota untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 di masyarakat,” kata Kapolres Serkot, AKBP Edhi Cahyono, dalam siaran pers resminya, Rabu (08/04/2020).

Jajaran Polda Banten meminta masyarakat agar tidak melakukan perjalanan mudik saat libur Idul Fitri ke kampung halamannya.

Karena jika melakukan perjalanan jauh, membuat fisik lelah dan ketahanan atau imunitas tubuh menurun. Sehingga memudahkan penularan virus covid-19 ke keluarga yang ada dikampung halaman.

“Kegiatan mudik tahunan menjelang lebaran identik dengan pengumpulan massa besar yang akan berdesakan. Mudik juga pasti melelahkan dan membuat stamina ketahanan tubuh turun drastis, hal itu bisa menjadi sasaran empuk penyakit atau virus corona yang saat ini sedang dihadapi,” kata Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardy, dalam siaran persnya, Rabu (08/04/2020).

Perlu diketahui setiap arus mudik Idul Fitri 2020, libur natal dan Tahun Baru libur panjang lainnya, wilayah Banten selalu dipadati masyarakat.**Baca juga: Tetapkan Lahan Pemakaman Khusus Jenazah Covid-19, Pemprov Banten Diminta Izin Warga Dulu.

Jika arus mudik, maka fokus kepadatan ada di Pelabuhan Merak. Saat libur panjang, kawasan wisata Anyer hingga Sawarna, selalu dipadati oleh wisatawan dari berbagai daerah.(Dhi)

Berita Terbaru