oleh

Ongkos Daftar Haji Tangsel Rp 30 Juta

Kabar6-Bagi Anda yang tahun ini ingin mendaftarkan diri untuk bisa menunaikan ibadah haji, kiranya harus siap merogoh kocek lebih dalam.

Pasalnya, ongkos pendaftaran haji di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tahun ini rencananya bakal dinaikkan sebesar Rp 5 juta.

Bila tahun lalu pendaftaran mencapai Rp 25 juta, untuk tahun ini menjadi Rp 30 juta. Meski sudah ada rencana kenaikan ongkos daftar, tapi hingga kini belum diterapkan lantaran masih menunggu keputusan Menteri Agama.

Kepala Seksi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangsel, Yahya Suhaemi, mengatakan aturan ongkos biaya pendaftaran haji saat ini sedang digodok dan tengah dalam pembahasan.

Meski demikian, informasi kenaikan biaya pendaftaran haji sudah beredar dan pasti diberlakukan tahun ini.

Yahya menduga, kenaikan ongkos daftar dimaksudkan untuk menekan jumlah warga yang ingin mendaftar haji. Berkaca dari pengalaman tahun sebelumnya pernah ada kenaikan, tetapi angka pendaftarnya tetap sama.

“Tahun 2010 lalu ongkos daftar juga naik Rp 5 juta. Tujuan awalnya sih untuk menekan jumlah pendaftar, tetapi usaha ini kurang berhasil. Bukannya berkurang, jumlah pendaftar justru makin banyak,” katanya.

Yahya mengatakan tingginya minat pendaftar haji membuat daftar antrian di Banten cukup lama. Untuk pendaftar tahun ini, baru akan pergi haji 12 tahun lagi atau tahun 2026.

Lamanya daftar antrean peminat haji, disebabkan adanya pengurangan kuota sebesar 20 persen yang diberlakukan Pemerintah Arab Saudi.

Pada tahun lalu, jemaah haji asal Banten mencapai 6.830 jemaah dari jadwal berangkat 8.541 jemaah. Pengurangan kuota sendiri akan tetap diberlakukan hingga dua tahun mendatang.

“Pengurangan ini membuat daftar antrean makin panjang. Bukan tidak mungkin tahun depan harus menunggu 15 tahunan baru dapat naik haji,” kata Yahya.

Dijelaskannya, untuk ongkos naik haji tahun lalu mencapai 3.522 dolar Amerika atau Rp 35 juta, bila mengikuti kurs rupiah saat itu sebesar Rp 10 ribu per dolar.

Untuk tahun ini, lanjut Yahya belum diketahui karena mengikuti kebutuhan namun angkanya tidak jauh berbeda dibanding tahun lalu.

Kasubag TU Kantor Kemenag Kota Tangsel Abdul Rojak berharap  ada penambahan kuota bagi jemaah haji asal Indonesia untuk tahun ini. **Baca juga: Wacana Pemekaran Tangerang Raya, Utara & Tengah Mencuat.

Pasalnya, adanya pengurangan kuota haji ini berimbas pada panjangnya daftar atrian. Bahkan haji plus yang biayanya lebih mahal ketimbang haji biasa, antriannya sudah lebih dari lima tahun.(yud)

Berita Terbaru