oleh

Olimpiade 2020, Jepang Ciptakan Megafon yang Bisa Ubah Bahasa

Megafon yang  bisa mengubah bahasa.(philnews)
Megafon yang bisa mengubah bahasa.(philnews)

Kabar6-Untuk menyambut Olimpiade Tokyo 2020 mendatang, Jepang meminta perusahaan lokal untuk mengembangkan sebuah gadget unik yang dapat menerjemahkan bahasa Jepang ke bahasa asing dalam beberapa menit saja.

Nah, salah satu perusahaan elektronik ternama dilansir Philnews, memperkenalkan megafon atau alat pengeras suara canggih yang mengubah kalimat berbahasa Jepang ke bahasa Inggris, Tiongkok dan Korea.

Tidak hanya digunakan untuk memandu turis yang ingin datang dan melihat langsung beragam pertandingan seru Olimpiade, rencananya megafon canggih ini juga dipakai sebagai alat bantu mengantisipasi bencana.

Pihak panitia benar-benar mempersiapkan sedetail mungkin guna mengantisipasi hal-hal di luar dugaan. Mereka bukan sekadar fokus pembangunan infrastruktur wisata untuk menyemarakkan Olimpiade.

Selain itu, panitia telah menguji penggunaan megafon di beberapa area padat aktifitas seperti bandara, stasiun, kereta dan sistem transportasi umum. Mereka berharap alat canggih itu siap pakai sebelum event resmi digelar. Masih ada sejumlah poin perlu pengembangan lebih lanjut.

Uniknya, beberapa pihak menyebut Olimpiade Tokyo 2020 sebagai ajang pamer teknologi canggih buatan Jepang. Bahkan, mereka menyematkan sindiran ‘Olympics of the Future’ atau olimpiade masa depan.

Selain fokus pengembangan sejumlah teknologi modern olimpiade, pihak panitia turut menyisihkan anggaran sebesar 400 juta yen untuk merombak sejumlah stadium utama agar mampu tampung 80 ribu penonton. ** Baca juga: Dubai Punya Hotel Pertama Di Dunia dengan Hutan Hujan & Pantai Buatan

Kabarnya, robot turut dimanfaatkan membantu turis dalam hal transportasi, petunjuk arah dan penerjemah bahasa. Wow…(ilj/bbs)

Berita Terbaru