oleh

Olahraga Tidak Mengenal Istilah Terlambat, Ini Alasannya

Kabar6-Banyak saran yang mengajak kita untuk membiasakan berolahraga sejak dini. Selain tubuh lebih bugar, rutin berolahraga sejak usia muda juga membangun sikap disiplin dalam menjaga kesehatan.

Lantas, apakah itu berarti tidak ada harapan bagi Anda yang baru ingin mulai rutin berolahraga? Hasil dari eksperimen yang dilakukan para peneliti dari University of Birmingham, Inggris, melansir Healthline, berhasil membuktikan bahwa tidak ada kata terlambat untuk memulai kebiasaan berolahraga.

Eksperimen dilakukan terhadap sekelompok pria berusia di atas 60 tahun yang rutin berolahraga setidaknya dua kali dalam seminggu selama 20 tahun terakhir.

Peneliti kemudian membandingkannya dengan kelompok lain yang jarang berolahraga. Kedua kelompok sukarelawan ini diminta untuk melakukan biopsi otot, kemudian mengonsumsi minuman berenergi 48 jam kemudian. Selanjutnya, sukarelawan diminta untuk melakukan olahraga beban yang dilanjutkan dengan biopsi kedua.

Hasilnya, baik kelompok yang rutin maupun jarang olahraga rupanya memiliki kemampuan yang sama dalam membentuk otot lewat olahraga.

“Studi kami menunjukkan, tidak peduli jika Anda rutin olahraga atau tidak, Anda masih bisa merasakan manfaat olahraga, kapan pun Anda memulai kebiasaan ini,” urai Leigh Breen, Ph.D., peneliti dari University of Birmingham.

Dijelaskan, “Untuk memperoleh manfaat kesehatan yang optimal, tentu diperlukan komitmen jangka panjang, tetapi walau Anda baru mulai olahraga di usia lanjut pun masih bisa membantu menunda pelemahan otot akibat penuaan.”

Pelatih lari dari Run-Fit dan Revo2Lution Running bernama Jason Karp, yang berbasis di California, menyebutkan manfaat berolahraga dapat dirasakan di usia berapa pun, karena tubuh secara konstan bereaksi terhadap tekanan fisik.

Saat menerima tekanan dalam bentuk olahraga, tubuh akan beradaptasi dengan stres yang dialami. Actin dan myosin menjadi dua protein inti di dalam otot yang bertugas mengatur kontraksi otot. Semakin giat berolahraga, protein yang diproduksi tubuh pun semakin besar.

Proses pembentukan otot dimulai tepat di saat Anda memerintahkan otot untuk melakukan tantangan baru, baik itu mengambil barbel, melakukan push up, atau berlari di threadmill. ** Baca juga: Cara Cerdas Pilih Camilan Sehat Sekaligus Bergizi

Jadi, tidak ada kata terlambat untuk berolahraga, karena otot akan terus bekerja dengan aktif.(ilj/bbs)

Berita Terbaru