oleh

Olahraga pada Malam Hari Bikin Tidak Bisa Tidur?

Kabar6-Sejumlah peneliti percaya bahwa berolahraga di malam hari dapat mengganggu kualitas tidur. Namun penelitian terbaru dari Institute of Human Movement Sciences and Sport di ETH Zurich, Swiss, yang bertajuk ‘Effects of Evening Exercise on Sleep in Healthy Participants: A Systematic Review and Meta-Analysis’, membuktikan ternyata olahraga di malam hari tidak membuat sulit tidur, asalkan dilakukan dengan benar.

Kesimpulan ini, melansir womantalk, diperoleh dari analisis terhadap 23 studi terdahulu yang meneliti topik serupa. Lewat analisis ini peneliti menyimpulkan, olahraga empat jam sebelum tidur tidak akan memberi dampak negatif terhadap kualitas tidur. “Kalaupun ada efek olahraga terhadap jam tidur, efeknya justru cenderung positif,” jelas Christina Spengler, pimpinan Exercise Physiology Lab di ETH Zurich.

Ditambahkan Spengler, salah satu efek positifnya yakni tidur menjadi lebih pulas. Meskipun demikian, ada aturan tersendiri jika ingin berolahraga di malam hari. Kualitas tidur tidak akan terganggu asalkan olahraga yang dipilih termasuk ke dalam kategori ringan.

Spengler membagi olahraga ke dalam tiga kategori, yakni ringan, sedang, dan berat. Olahraga ringan adalah olahraga yang masih dapat membuat Anda berbicara dan menyanyi sambil melakukannya. Misalnya jogging atau bersepeda santai.

Olahraga kategori sedang, Anda masih bisa bicara saat melakukannya, tapi tidak bisa menyanyi. Alasannya, intensitas olah tubuh mulai naik, sehingga ritme napas hanya terbatas untuk berbicara. Sedangkan untuk olahraga berat, Anda sudah tidak bisa berbicara sama sekali, karena intensitasnya yang tinggi dan mengharuskan pengaturan napas yang baik. Di titik ini, Anda akan merasa napas menjadi tersengal-sengal, sehingga tidak mungkin lagi untuk bicara. ** Baca juga: Cukup Tidur Tapi Masih Sering Mengantuk, Apa Sebabnya?

Olahraga ringan empat jam sebelum tidur, menurut Spengler, tidak akan mengganggu kualitas tidur Anda. Bahkan, jika Anda selesai berolahraga 30 menit sebelum tidur pun tetap tidak akan mengganggu. Spengler menyarankan, jika Anda ingin menjalani olahraga berat, sebaiknya dilakukan di pagi atau sore hari.(ilj/bbs)

Berita Terbaru