oleh

Olahraga Bikin Tulang Kuat dan Cegah Osteoporosis

Kabar6-Dari sekian banyak motivasi melakukan olahraga, salah satunya adalah untuk meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Namun para ahli menyarankan agar saat berolahraga, Anda tidak hanya sekadar bergerak.

Olahraga yang menyehatkan tulang adalah aktivitas fisik terencana, terstruktur, dilakukan secara rutin dan teratur, serta memiliki tujuan untuk meningkatkan atau menjaga satu atau lebih aspek kebugaran tubuh.

Banyak penelitian membuktikan efek positif dan peran penting olahraga terhadap kesehatan tulang. Baik dalam meningkatkan kepadatan tulang sebagai ‘tabungan’ untuk masa depan, maupun memperlambatnya berkurangnya kepadatan tulang saat memasuki usia lanjut, dan setelah seorang wanita mengalami menopause.

Olahraga yang dilakukan sejak dini akan memberikan kepadatan, pertumbuhan, dan kekuatan tulang jadi maksimal. Hal ini karena, melansir Femina, olahraga memiliki beberapa mekanisme yang memberi kontribusi penting dalam membuat tulang tetap sehat. Apa sajakah itu?

1. Tekanan pada tulang akan merangsang osteoblast, sel yang diperlukan untuk pembentukan tulang baru dalam proses remodeling tulang.

2. Olahraga akan membuat otot-otot tubuh lebih kuat sehingga memberi tekanan pada tulang, yang pada akhirnya membuat tulang lebih padat.

3. Olahraga membuat metabolisme dan peredaran darah yang mengantarkan kalsium dan mineral lain yang berperan penting dalam pembentukan tulang lebih lancar.

4. Tak hanya meningkatkan kepadatan tulang, olahraga seperti yoga, pilates, dan zumba juga dapat menguatkan otot dan melatih keseimbangan sehingga seseorang tidak mudah jatuh, membuat risiko patah tulang pun menurun.

Namun olahraga saja tidak menjamin tulang lebih padat dan sehat selamanya. Anda tetap perlu menjaga asupan nutrisi yang dapat menunjang tulang sehat seperti kalsium dan vitamin D, cukup mendapat sinar matahari, serta menjauhi rokok yang dapat membuat tulang keropos. ** Baca juga: Tingkatkan Metabolisme Tubuh di Pagi Hari dengan 3 Cara Sederhana

Olahraga teratur dapat mempertahankan bahkan meningkatkan kepadatan tulang sebanyak satu hingga tiga persen pada mereka yang berusia sekira 30 sampai 40-an, selain juga menjaga kesehatan jantung dan kebugaran tubuh secara keseluruhan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru