oleh

Okinoshima, Pulau Terlarang untuk Wanita

Pulau Okinoshima.(Independent)
Pulau Okinoshima.(Independent)

Kabar6-Jika sebuah pulau selalu menjadi daya tarik para wisatawan karena keindahan atau keunikannya, lain halnya dengan Okinoshima. Pulau di barat daya Jepang yang telah tercantum sebagai situs Warisan Dunia oleh UNESCO ini memiliki peraturan yang sungguh unik.

Peraturan yang dimaksud, dilansir Independent, adalah wanita tidak diizinkan menginjakkan kaki di pulau ini alias pulau yang terlarang untuk wanita.

Okinoshima yang memiliki luas 197 hektare ini hanya mengizinkan pria berkunjung ke sana karena alasan keagamaan. Pulau ini berada dalam tradisi keagamaan Shinto, dan merupakan rumah bagi kuil Okitsu.

Pengunjung kuil di Pulau Okinoshima.(thetruenet)
Pengunjung kuil di Pulau Okinoshima.(thetruenet)

Disebutkan, Okinoshima adalah tempat ritual untuk keamanan kapal dan pertukaran yang sukses dengan orang-orang di Semenanjung Korea dan Tiongkok antara abad ke-4 dan ke-9. Karena agama sangat dijunjung di pulau ini, maka mereka meminta pengunjung laki-laki yang baru pertama datang untuk telanjang dan melakukan ritual pembersihan.

Selain itu, larangan lainnya adalah pengunjung tidak diperkenankan membawa cendera mata ke luar dari pulau. Bahkan sebatang rumput pun tidak boleh dibawa pulang. Sebab terdapat 80 ribu artefak di pulau ini. ** Baca juga: Jangan Kesal Jika di Restoran Ini Order Makanan Sering Salah

“Mereka tidak semua tidak boleh datang ke sini hanya karena penasaran,” kata Takayuki Ashizu, kepala imam Kuil Munakata. Ya, Okinoshima memang tidak dibuka untuk umum.(ilj/bbs)

Berita Terbaru