oleh

ODP Corona Puluhan, Dewan Minta Pemkab Lebak Jamin Ketersediaan APD

Kabar6-Alat pelindung diri (APD) menjadi perlengkapan yang sangat penting dibutuhkan tenaga medis saat memberikan penanganan kepada pasien positif maupun dalam pengawasan terkait virus Corona atau Covid-19.

Melihat situs SiagaCovid19 Pemkab Lebak, Kamis (25/3/2020), terdapat 25 orang warga yang masih dalam pemantauan.

“Alat pelindung diri yang sesuai standar harus betul-betul diperhatikan oleh pemerintah daerah. Jangan sampai tenaga medis di puskesmas dan rumah sakit kehabisan APD saat mau menangani pasien,” kata anggota DPRD Lebak, Musa Weliansyah, Kamis (26/3/2020).

Dengan refocusing anggaran kesehatan untuk penanganan pencegahan penyebaran Covid-19 sebesar Rp5 miliar dari semula Rp3 miliar, Pemkab Lebak mesti menjamin ketersediaan APD bagi para tenaga medis.

Musa mencontohkan bagaimana tenaga medis Puskesmas Parungsari saat mengecek kesehatan ODP yang mengenakan APD seadanya.

“APD ini harus lengkap jangan sampai tidak, apalagi sampai kehabisan stok terutama sarung tangan dan masker. Jadi harus benar-benar dijamin ketersediannya sampai pemerintah menyatakan kondisi sudah aman,” pinta Musa.

**Baca juga: Pakai APD Seadanya, Puskesmas di Lebak Periksa Kesehatan ODP Corona.

Musa memperingatkan kepada Dinkes agar berhati-hati dalam penggunaan anggaran sehingga tidak ada celah untuk dijadikan ajang manfaat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Walaupun ini angaran kemanusiaan tapi upaya pencegahan Corona harus tetap menjungjung azas efektifitas dan efesiensi anggaran. Harus transparan penggunaannya,” katanya.(Nda)

Berita Terbaru