oleh

Obat Ini Punya Efek Samping Aneh

Kabar6-Beberapa obat yang kita minum, kadang memiliki efek samping. Misalnya obat flu atau batuk memiliki efek samping yang dapat membuat kita menjadi mengantuk.

 

Efek samping lain yang timbul akibat meminum obat-obatan tertentu misalnya mual, muntah, pusing atau jantung berdebar-debar.

 

Namun tahukah Anda, ada beberapa jenis obat yang memiliki efek samping tidak biasa alias aneh? Apa sajakah itu?

 

1. Anafranil

Merupakan antidepresan trisiklik (TCA). Dikembangkan pada 1960, oleh produsen obat Swiss Geigy. Obat ini sering menyebabkan masalah seksual pada pria misalnya impotensi dan sulit ejakulasi. Beberapa pasien baik laki-laki dan perempuan, efek samping yang paling aneh adalah dapat menyebabkan orgasme saat menguap.

 

2. Ropinirole

Digunakan untuk mengobati penyakit parkinson serta restless leg syndrom. Efek samping yang umum adalah sembelit, pusing, berkeringat, kehilangan nafsu makan, mual, muntah, dan lemah.

 

Dalam panduan obat terdapat peringatan yang menegaskan “Tertidur selama melakukan aktivitas sehari-hari”. Peringatan lainnya adalah “Pasien yang diobati dengan ropinirole telah melaporkan tertidur ketika melakukan aktivitas sehari-hari, termasuk mengoperasikan kendaraan bermotor yang terkadang mengakibatkan kecelakaan.”

 

Para peneliti memantau catatan medis dari 267 pasien yang memakai ropinirole antara tanggal 1 Juli 2004 sampai 30 Juni 2006, ditemukan  hampir 20 persen dari peserta mengalami hiperseks serta melakukan perjudian yang kompulsif akibat obat ini.

 

3. Ambien

Digunakan untuk mengobati insomnia. Menurut penelitian dalam jurnal Sleep Medicine, pasien yang meminum Ambien akan melakukan kebiasaan aneh seperti makan sambil tidur. Namun si pasien mengaku tidak ingat mengenai perilaku anehnya setelah bangun.

 

FDA akhirnya menambahkan peringatan dalam panduan obat Ambien, “Setelah meminum Ambien, Anda mungkin terbangun dari tempat tidur namun tidak sepenuhnya terjaga dan melakukan suatu kegiatan yang tidak anda sadari. Keesokan harinya, Anda mungkin tidak ingat bahwa Anda melakukan sesuatu di malam hari”.

 

Kegiatan tidak disadari yang tertulis juga dalam panduan obat antara lain tidur sambil mengemudi, memasak, makan, berbicara di telepon, berhubungan seks, dan berjalan-jalan.

 

4. Capecitabine

Digunakan untuk mengobati jenis kanker seperti kanker usus, rektum, dan payudara. Seorang pasien kanker yang mengonsumsi obat jenis capecitabine melaporkan telah mengalami efek samping langka yaitu hilangnya sidik jarinya. Efek itu diketahui ketika ia sedang diperiksa di bagian imigrasi di bandara. Menurut dokter, begitu obat tersebut dihentikan, biasanya sidik jari akan kembali lagi.

 

5. Chantix

Diresepkan untuk membantu berhenti merokok. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan jurnal PLoS One, peneliti menganalisis lebih dari 3.000 laporan tentang perilaku bunuh diri atau depresi pada orang yang memakai Chantix, Zyban, atau obat pengganti nikotin lain.

 

Selain gangguan psikologis, obat ini juga memiliki efek samping antara lain reaksi kulit serius, kejadian kardiovaskuler, insomnia, gangguan sistem saraf dan gangguan mata.

 

6. Mirapex

Digunakan untuk mengendalikan gejala Parkinson dan pada orang Restless Leg Syndrome (RLS). Efek samping obat ini adalah seseorang dapat kehilangan memori jangka pendeknya. ** Baca juga: Campuran Miras Ini Bikin Mual

 

Ketimbang repot dengan efek samping obat-obatan di atas, lebih baik kita selalu menjaga kesehatan, agar terhindar dari berbagai penyakit. Setuju? (ilj/bbs)

Berita Terbaru