oleh

Oarfish ‘Ikan Monster’ yang Dianggap Pertanda Gempa dan Tsunami Muncul di Chile

Kabar6-Seekor ‘ikan monster’ Oarfish sepanjang nyaris lima meter berhasil ditangkap sekelompok nelayan di Chile. Namun munculnya ikan itu justru membuat orang-orang takut karena disebut sebagai pertanda akan datangnya gempa dan tsunami.

Video penangkapan Oarfish tadi telah viral di TikTok dengan hampir 10 juta kali ditonton. Dalam video pendek itu, melansir Dailystar, tampak ikan panjang bertulang diikat di kepala saat para nelayan memindahkannya ke darat. Warganet sendiri percaya, kedekatan makhluk itu dengan pantai menandakan gempa bawah laut yang akan segera terjadi. Namun dikaitkannya Oarfish dengan munculnya gempa dan tsunami sebenarnya merupakan kepercayaan tradisional.

“Ikan menakjubkan yang menakutkan,” demikian tulis seorang pengguna TikTok. “Oarfish hidup di kedalaman. Dikatakan bahwa ketika mereka mulai ke permukaan itu karena lempeng tektonik sedang bergerak,” tulis pengguna TikTok lainnya. ** Baca juga: Hanya Demi Uang Ratusan Ribu, Pria di Afsel Tewas Setelah Nekat Tenggak Sebotol Alkohol dalam Dua Menit

Kepercayaan antara gempa, tsunami dan kemunculan Oarfishini ini berakar pada legenda bahwa Oarfish adalah pertanda gempa dan tsunami. Namun teori ini belum pernah dikonfirmasi oleh sains, tetapi otoritas lokal sekarang harus mempertimbangkan apa yang membawa ikan itu ke permukaan.

Oarfish bisa mencapai panjang hingga 11 meter. Mereka biasanya hidup di air yang dalam dan hanya kembali ke permukaan ketika sakit, sekarat atau berkembang biak.(ilj/bbs)