oleh

Oarfish, Ikan Langka yang Panjangnya Bak Ular

Dibutuhkan banyak orang untuk mengangkat ikan Oarfish.(Daily Mail)
Dibutuhkan banyak orang untuk mengangkat ikan Oarfish.(Daily Mail)

Kabar6-Jasmine Santana, seorang instruktur kelautan di Catalina Island Marine Institute (CIMI), menemukan bangkai hewan menyerupai ular laut raksasa, saat melakukan snorkeling.

Untuk mengangkat bangkai hewan itu ke pinggir pantai, dibutuhkan 15 orang dewasa. Dikutip dari apakabardunia.com, ikan tersebut bernama Oarfish yang memiliki panjang 5,5 meter, dengan diameter seukuran tubuh pria dewasa.

Ikan Oarfish menjadi pusat perhatian penduduk.(RachFeed)
Ikan Oarfish menjadi pusat perhatian penduduk.(RachFeed)

Oarfish merupakan ikan langka yang hidup di kedalaman 3.000 meter. Panjang tubuh dan kerangka tulangnya mirip jenis ikan hiu. Mereka mampu tumbuh sampai 17 meter. Oarfish punya wajah yang rata. Karena bentuknya yang aneh, ikan ini diyakini masih memiliki hubungan dengan legenda ular bahari raksasa. ** Baca juga: Derita Kondisi Langka, Tulang Zoe Sudah Patah Ratusan Kali

Diketahui, Oarfish terpanjang yang ditemukan adalah delapan meter dengan berat 272 kilogram. Terakhir kali, Oarfish raksasa ditemukan pada 1996 di wilayah Coronado, Sandiego, California, AS, ukuran panjangnya mencapai tujuh meter.(ilj/bbs)

Berita Terbaru