oleh

Oalah, Sensor Sidik Jari Galaxy S5 Mudah Dibobol

Kabar6-Kabar menghebohkan datang dari Samsung. Belum lama gadget premium terbaru Samsung S5 ke pasaran, sensor sidik jari handset untuk privasi di smartphone itu ternyata mudah dibobol.

Adalah Security Research Labs (SRL) di Berlin yang sukses mengakalinya. Para peneliti mengatakan, mereka khawatir kelemahan ini bisa memicu pencuri mengeksploitasi kelemahan dalam perangkat Samsung untuk memicu transfer uang melalui PayPal.

SRL sendiri mengakali sensor sidik jari Galaxy S5 dengan menciptakan sidik jari palsu lewat cetakan lem dan semprotan grafit. Kemudian digesek melintasi sensor yang ada di tombol home telepon dan sukses.

“Cetakan sidik jari sebenarnya adalah salah satu yang saya buat untuk perangkat Apple September silam,” kata Manajer Proyek SRL Ben Schlabs kepada BBC, (16/4/2014).

Samsung sendiri menilai bahwa temuan Security Research Labs itu sangat serius. “Namun kami masih yakin bahwa otentikasi sidik jari menawarkan cara yang lebih mudah dan aman untuk metode pembayaran melalui perangkat mobile daripada password atau kartu kredit,” kata sumber PayPal.

Sebelumnya, dalam even Mobile World Congress (MWC) 2014 di Barcelona, Spanyol sempat muncul kabar jika fitur sensor sidik jari yang disematkan pada Galaxy S5 dikabarkan mengalami masalah. **Baca juga: Super Block K2 Park Segera Hadir di Tangerang.

Meski tak dijelaskan secara rinci, namun kendala ini kabarnya mengharuskan Samsung untuk segera melakukan produksi ulang. CrucialTek, manufaktur sensor optik yang berbasis di Suwon, Korea Selatan, ramai diberitakan sebagai pihak yang ditunjuk untuk menyelesaikan masalah ini.(bbs)

Berita Terbaru