oleh

Nyalon dari Jalur Independen, Gacho Ditolak

Kabar6-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memastikan bahwa pasangan bakal calon walikota dan walikota dari calon perseorangan atau independen dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2015, tidak ada.

 

“Bisa dipastikan tidak ada kandidat dari independen,” ungkap Ketua KPU Kota Tangsel, Muhamad Subhan kepada kabar6.com di kantornya, Selasa (16/5/2015) dini hari.

 

Pantauan langsung di lapangan, proses penerimaan bakal calon walikota dan wakil walikota Tangsel di kantor komisioner sempat memanas. Massa pendukung kandidat calon independen atas nama Gacho Sunarso datang membawa dokumen dukungan tapi masih kurang.

 

Massa tetap ngotot Gacho bisa ikut ke bursa demokrasi meski KPU telah menetapkan bahwa pendaftaran pencalonan dari jalur independen ditutup pada Senin (16/6/2015)  pukul 16.00  WIB. Mereka baru dapat melengkapi jumlah dukungan 7.300  lembar Kartu Tanda Penduduk.

 

Panwaslu Kota Tangsel akhirnya merekomendasikan kepada lembaga komisioner agar memberikan dispensasi waktu kepada massa pendukung Gacho. Mereka diminta untuk segera melengkapi jumlah berkas dukungan sampai pukul 23.00 WIB.

 

“Kami telah melakukan tahapan pemilu terkait penerimaan massa dukungan calon dengan  jalur perseorangan yang wajib mengumpulkan 79.200 KTP sebagai syarat dukungan,” terang Bambang Dwintoro, anggota KPU Tangsel.

 

Menurutnya, karena kurangnya  persyaratan administratif yang diajukan Gacho maka diputuskan membatalkan hasrat politikus asal Partai Demokrat itu menuju Pilkada serentak 2015. ** Baca juga: Pria Tangsel Ini Kenakan 80 Buah Batu Akik di Tubuhnya

 

Hal ini dilakukan karena kami tidak mau melanggar apa yang telah diamanatkan PKPU , terkait persyaratan calon perseorangan ( independen ) dan kami selaku lembaga tekhnis penyelengara pemilu wajib menjalankanya ” terangnya.(cep/yud)

Berita Terbaru